Monday, 27 February 2017 01:08

Perbedaan Tugas Web Designer dan Web Developer

Written by  Chairin Nashrillah Mahasiswi STT NF
Rate this item
(1 Vote)

Banyak orang yang masih bingung apa bedanya pekerjaan web designer dan web developer. Sebagian orang bahkan ada yang menganggap semua pekerjaan tersebut sama. Makanya tak hayal banyak orang yang sebenarnya hanya web designer di tawarin pekerjan atau diminta untuk membuatkan website oleh seseorang.

Berikut ini adalah ulasan singkat tentang perbedaan antara web designer dan web developer :

Web Designer

Web Designer yaitu orang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web atau membuat tampilan halaman website sehingga tampak begitu cantik dan sedap dipandang mata. Biasanya desainer web mengintegrasikan berbagai komponen seperti file gambar, file video seperti flash (namun sekarang flash sudah tidak direkomendasikan) atau multimedia lain ke dalam sebuah halaman website untuk menambah pengalaman visual bagi para pengguna atau untuk melengkapi hamalan konten website.

Pemahaman tentang Client-side scripting seperti HTML, CSS, Javascript serta mengerti cara memanipulasi gambar / foto dan animasi adalah beberapa hal yang dikuasai oleh web desainer. Web designer biasanya bekerja dalam sebuah tim untuk memastikan sebuah tampilan website bisa membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan yang biasanya perlu dimiliki adalah komunikasi yang baik, ini tentu akan menjadi sangat berguna untuk para web desainer dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Hal lain yang juga harus dimengerti oleh web designer adalah masalah usability atau kegunaaan, standar W3C untuk HTML dan CSS serta kompabilitas tampilan pada browser yang berbeda, bahkan yang terbaru web desainer harus mengerti masalah tampilan website yang harus bisa dibuka di setiap perangkat yang memiliki ukuran layar berbeda atau biasa diserbut desain web responsif atau responsive web design.

Web Developer

Web Developer adalah orang yang pekerjaanya menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, PHP.NET atau Phyton.
Web developer membuat berbagai hal bisa “terjadi” pada sebuah website. Jadi, peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang nantinya digunakan pada sebuah website, yang meliputi penggunaan database, membuat halaman yang bisa dinamis, sampai mengatur cara pengunjung berinteraksi dengan elemen yang ada di website yang dibuatnya.

Seorang web designer yang handal biasanya akan terbiasa dengan bahasa pemograman web, baik itu yang ada di bagain server (server side scripting) maupun dari sisi klien (Client-side scripting).

Web designer pasti memahami HTML dan CSS tetapi desain website juga membutuhkan kreativitas dan jiwa seni, jadi walaupun web developer memahami setiap perintah yang ada di HTML dan CSS, dia tidak bisa dipekerjakan sebagai web designer karena tidak memiliki kemampuan dalam membuat desain, hanya untuk mengaplikasikan desain yang telah dibuat menjadi lebih dinamis pastilah dikuasai oleh web developer.

Jadi bagi seorang web developer, kemampuan logis sangatlah diperlukan untuk mengatur alur aplikasi web, sedangkan web designer membutuhkan kemampuan artistik dan juga kreativitas, yang pasti jiwa seninya harus kuat.

Dapatkan Potongan Biaya Kuliah s.d 1 Juta di Gel 2 ( s.d 16 April 2017)
Daftar Sekarang klik http://pmb.nurulfikri.ac.id/

Read 803 times