Kamis, 28 Desember 2017 09:23

Seminar Rembulan Batch 4 Mengangkat Tema “Era Virtualisasi”

Written by  Kuati Septiani
Rate this item
(0 votes)

Rabu, (13/12/17) LPPM STT Nurul Fikri telah menggelar Seminar Rembulan untuk yang keempat kalinya di Tahun 2017 ini. Pada Seminar Rembulan (Rembukan Ilmiah Tiap Bulan) ini, LPPM STT Nurul Fikri bekerjasama dengan IT Club Networking dalam acara tersebut. Tema yang dibawakan cukup menarik, dengan menyuguhkan dua orang pembicara yang mumpuni dibidangnya.

 

Adapun tema yang diangkat pada seminar Rembulan di sesi ke-4 ini adalah “Era Virtualisasi”. Tema tersebut sesuai dengan teknologi yang sekarang ini sedang berkembang. Sementara itu, Founder Btech Utian Ayuba turut hadir mengisi materi tentang Openstack. Materi yang dibawakannya itu, menambah wawasan bagi peserta, mengingat peserta yang hadir merupakan civitas akademik STT NF, yang memiliki latarbelakang di bidang IT.

 

Selain Pak Utian Ayuba, seminar ini juga mengundang Pak Henry Saptono sebagai pembicara tentang Docker. Docker itu sendiri merupakan sebuah platform sebagai salah satu bentuk virtualisasi yang menerapkan teknologi container. Dengan teknologi container, sebuah program akan ‘diikat’ beserta library-nya, file konfigurasi, serta seluruh hal yang dibutuhkannya. Perbedaan yang sangat terlihat jika dibandingkan dengan virtualisasi biasa, yakni container memiliki ukuran file yang jauh lebih kecil. Sebab, pada teknologi container ini, tidak perlu menyiapkan sistem operasi secara penuh. Oleh karena itu, developer biasa menyebutnya sebagai ‘lightweight’ platform. Dimana aplikasi yang berjalan menggunakan container jauh lebih cepat dan lebih ringan.

 

Seminar yang diadakan di Ruang B1-102 ini, berlangsung sejak pukul 08.00 – 12.00 WIB. Materi yang disampaikan pada hari itu pun cukup memberi kesan yang baik, hingga oleh salah satu kelompok Prodi Teknik Informatika semester 3, dijadikan tema dalam tugas besar mata kuliah Administrasi System. Dalam tugasnya itu, mereka mempresentasikan materi tentang Docker. Kemudian mendemokannya di depan kelas, mulai dari proses instalasi, konfigurasi, hingga cara penggunaannya setelah aplikasi tersebut berhasil ter-install.

 

Seperti seminar pada sesi sebelumnya, selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, peserta yang hadir juga mendapatkan penghargaan berupa e-sertifikat, serta doorprize bagi yang aktif bertanya maupun sharing.

 

Editor: Sep/Uml.

Read 631 times