%AM, %31 %124 %2017 %01:%Mar

Milih Jadi Programmer ANDROID atau IOS ya ??

Written by Vindy Mahasiswa STTNF
Rate this item
(1 Vote)

Buat teman-teman yang masih bingung dan bertanya-tanya tentang manakah yang lebih baik jadi programmer ANDROID atau programmer IOS ya ??? Cekidot … saya akan bahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing system operasi mobile yang banyak diminati dijaman sekarang ini.

IOS adalah Sistem Operasi berbasis Mobile yang dikembangkan oleh Perusahan Apple. OS yang dikembangkan ini hanya terdapat pada Handphone iPhone yang diproduksi oleh Perusahaan Apple. OS ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2007 pada perangkat iPhone dan iPod Touch. OS ini bersifat non-komersial yang berarti, OS tersebut tidak dapat di-install pada perangkat keras non-Apple.


Android adalah Sistem Operasi berbasis Mobile seperti IOS, OS ini berbasis Linux yang dirancang untuk Handphone layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Android ini awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan keuangan dari Google dan kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. OS ini dirilis secara resmi pada tahun 2007 dan perangkat kerasnya dijual pertama kali pada Oktober 2008.

Bermacam gadget
Konsumen tidak ingin dibatasi dengan hanya satu atau dua pilihan saja. Oleh karena itulah, Android masih menjadi platform terfavorit di pasar gadget dunia. Hal ini dikarenakan Android tidak terpaku pada satu merk ponsel saja. Ada banyak pilihan gadget dengan berbagai desain yang dapat menarik minat kalangan lebih luas dibandingkan dengan produk Apple yang terbatas. Selain itu, handphone besutan Apple memang kurang kompatibel dengan sistem di luar IOS.
Kualitas aplikasi
Karena Android lebih memiliki development yang bebas, maka kualitas aplikasinya cenderung tidak terkontrol. Aplikasi yang jelek sekalipun dapat terdaftar di Play Store dan bila Anda kurang beruntung, Anda bisa merasa jengkel saat mengunduh sesuatu yang tidak sesuai harapan. Berbeda dengan IOS karena terbatasnya ruang gerak developer, maka hanya kualitas yang terbaik yang ada pada App Store.
Kemudahan berbagi data
Pada IOS iPhone, masalah berbagi data jika berbeda OS ini cukup sulit. Bagi para pengguna IOS, tampaknya Apple tidak mengijinkan Anda mentransfer foto lewat Bluetooth ke ponsel platform Android. Inilah yang membuat iPhone terasa ekslusif. Lain halnya dengan Android. Banyaknya gadget yang ber-platform Android mempermudah pengiriman gambar, music, serta file-file lain via Bluetooth. Bahkan ada banyak file sharing apps yang bisa didownload lewat Play Store. Untuk kemudahan dalam berbagi data, Android merupakan OS yang sesuai.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada ANDROID dan IOS. Menurut Anda lebih baik yang mana?? Semua tergantung pada passion Anda masing - masing. Semoga bermanfaat :-)

Read 2000 times