%AM, %03 %134 %2017 %02:%Apr

Cara Menjadi Film Maker & Vlogger

Written by Vindy Mahasiswa STTNF
Rate this item
(0 votes)

Film Maker, dari nama saja kita sudah langsung mengetahui bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia kira-kira artinya adalah “Pembuat film”. Mungkin dalam benak kita membuat film itu sangatlah sulit, ya memang benar sulit. Tapi disini kita akan coba membahas tentang caranya dan apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah film. Di Youtube sudah banyak sekali bermunculan video-video yang cukup berkualitas dari segi gambar maupun konsepnya seperti karya Chandra Liaw, Agung Hapsah dll. Mereka adalah pembuat film-film pendek atau VLOG yang lagi buming sekarang ini. Viewers mereka mencapai ratusan ribu bahkan jutaan sehingga banyak perusahaan yang ingin mengiklankan produknya, tentu saja para Film Maker atau Vlogger ini mendapatkan pundi-pundi rupiah yang banyak belum lagi dari Youtube ADS, wah menggiurkan bukan?! yuk simak sampai selesai artikel ini.


Apa saja yang dibutuhkan agar bisa menjadi seperti mereka?? Ceeekkiidooott…
Oh ya, sebelum kita membahas tentang Film Maker & VLOGGER yuk kita nonton VLOG yang keren dari STT Terpadu Nurul Fikri Link : https://www.youtube.com/watch?v=WzdZHQ8Chnw&t=2s
Giamana menurut kalian VLOGnya? keren bukan? Beri komentar dibawah ya!

Langsung saja yuk kita akan bahas apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Film Maker dan Video/Vlog seperti itu :

1. Pahami tentang kamera
Untuk mengambil shoot yang bagus tentunya dibutuhkan kamera. Kebanyakan orang berpikir bahwa hanya dengan kamera dslr atau pocket yang bisa digunakan untuk membuat film namun nyatanya kamera apa pun bisa digunakan untuk membuat film bahkan kamera android kamu pun bisa! kamu hanya perlu untuk memahaminya saja. Kamu perlu memahami setting kamera seperti ISO, Shutter Speed, Pencahayaan dan yang lainnya. Dan juga kamu harus paham bagaimana sudut-sudut pengambilan gambar yang cocok untuk film kamu nanti, untuk aplikasi pihak ketiga saya sarankan kamu menggunakan Cinema FV-5 yang bisa kamu beli di PlayStore seharga Rp. 30.000 (tiga puluh ribu rupiah) atau jika kamu mau lebih irit kamu bisa menggunakan versi Lite dari Cinema FV-5 yang Gratis.


2. Editing Video
Sebuah film mungkin sangat tidak bagus jika hanya di ambil dengan gambar yang potong-potong sambung lalu selesai tentunya ada tahapan edit berlanjut. Disini jika kamu punya cukup uang kamu bisa menyewa jasa editor video, namun jika kamu ingin mengirit kamu bisa belajar sendiri. Editing meliputi pemotongan bagian dan penyambungan bagian, penambahan efek-efek, penyesuaian filter warna, suara, dan sebagainya. Saya sarankan bagi kamu yang mau belajar kamu bisa gunakan VideoPad/VideoEditor, namun jika kamu ingin belajar lebih lanjut dan belajar penambahan efek-efek dramatis layaknya ledakan dan sebagainya kamu bisa menggunakan Corel Video Studio, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effect, Sony Vegas dan sebagainya, namun bagi kamu yang tidak memiliki komputer untuk belajar jangan menyerah ada banyak aplikasi editing video di Android layaknya VivaVideo, VideoShow, dan sebagainya.


3. Audio Yang Jelas
Faktanya kebanyakan orang lebih betah dengan audio yang standart daripada kualitas gambar yang bagus, namun audionya tidak dapat didengar jelas oleh gendang telinga. Jadi selain masalah gambar kamu juga harus memperhatikan kualitas audio untuk filmmu. Untuk memperbagus kamu bisa menggunakan Mic. Jika kamu ingin merekam di tempat bersamaan dengan pengambilan gambar maka saya sarankan menggunakan Mic, atau kamu bisa Dubbing dengan mengisi suara yang kurang jelas di film atau video kamu dengan merekam audio dari pemain dan memasukannya ke dalam filmmu.  Untuk aplikasi edit kamu bisa menggunakan Audacity.


4. Lighting
Pencahayaan adalah salah satu yang amat penting dalam film. Dilokasi yang gelap atau malam hari pencahayaan amatlah dibutuhkan untuk kualitas video yang baik. Dan supaya para penonton juga tidak bosan karena pencahayaan yang kurang baik, oleh karena itu lighting amatlah diperlukan. Kamu bisa menggunakan SoftBox atau kalau kamu ingin mengirit kamu bisa menggunakan lampu LED saja. Pastikan cahaya tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu kurang.

Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat dan saya mendapatkan pahala Aamiin..

Read 2101 times