%AM, %04 %087 %2017 %01:%Apr

Manajemen Proyek

Written by Rizki Hidayat Mahasiswa STTNF
Rate this item
(0 votes)

Manajemen proyek adalah suatu proses dimana tim bertujuan untuk menghasilkan produk yang sesuai atau melebihi permintaan dari pemberi tugas di dalam jangka waktu tertentu dan biasanya berada di dalam batasan sumber daya tertentu. Manajemen terhadap suatu proyek, perlu ditentukan tujuan akhir proyek secara tegas dan jelas. Diindentifikasi semua kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan akhir tersebut. Dinyatakan dan ditentukan kaitannya dan pembatasan-pembatasan diantara kegiatan-kegiatan tersebut termasuk kaitan-kaitan serta pembatasan baik yang bersifat teknis maupun organisatoris. Diperhitungkan waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakannya sampai proyek itu selesai. Mengadakan optimasi dalam pengalokasian penggunaan sumber daya. Diusahakan adanya fleksibilitas dalam pelaksanaan proyek.

Project Manajer

Project Manager yang sukses adalah seseorang yang secara simultan harus mampu mengelola 4 elemen dasar dari sebuah proyek : sumber daya, waktu, uang, dan yang perlu dipertimbangkan adalah faktor ruang lingkup. Semua elemen ini saling terkait dan setiap komponen harus dikelola secara efektif dan komprehensif.

Faktor – faktor tersebut adalah :

• Sumber Daya/ Resources, misal : Orang, peralatan, bahan

• Waktu/Time, misal : Tugas jangka waktu, dependensi

• Uang/Money, misal : Biaya, kontinjensi, keuntungan

• Lingkup/scoup, misal : Ukuran proyek, tujuan, persyaratan

Peran dari seorang Project Manager

Seorang project manager mempunyai tanggung jawab dan tugas yang bermacam-macam, tidak hanya terfokus pada hal-hal yang teknis sifatnya. Bagaimana layaknya seorang project manager harus mempunyai kemampuan membuat tim proyek agar tetap solid, mampu memonitor dan mengontrol budget dengan membuat bar chart & critical path serta mempunyai kemampuan analisis resiko yang baik.

Seorang Project Manager juga harus mempunyai tanggung jawab terhadap tim kerja yang di pimpinnya. Memang tidak mudah tanggung jawab yang harus di penuhi terhadap tim kerja. Seorang Project Manager harus memberikan feedback dari hasil pekerjaan proyek jika diperlukan, memberikan perhargaan terhadap anggota tim proyek yang mempunyai prestasi yang baik, dan tantangan yang paling sulit adalah menyeimbangkan antara kepentingan anggota tim, kepentingan tim, dan kepentingan proyek.

Tanggung jawab Project Manager yang terakhir adalah tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Tanggung jawab ini tidak pernah di diskusikan di setiap buku project management, tapi ini penting, khususnya jika kamu sudah memilih project manager sebagai profesi yang kamu tekuni. Jika perusahaan mendukung karir kamu sebagai proyek manager, beruntung bagi kamu dan selamat saya ucapkan !! Jika tidak tentu ini menjadi masalah yang besar bagi kamu.Skill yang diperlukan bagi seorang Project Manager untuk melaksanakan tanggung jawab yang telah dijabarkan diatas, seorang project manager perlu memiliki skill yang bermacam-macam.

Perlu kamu ketahui bahwa kisaran standart gaji Manajer Proyek itu kurang lebih 10-15 juta/bulan.

Ada 6 Tahapan Manajemen Proyek, diantaranya adalah :

1. Pendefinisian proyek, mendefinisikan tujuan dan faktor proyek agar dapat dilaksanakan dengan kualitas yang diinginkan.

2. Inisialisasi proyek, perencanaan dari awal terhadap sumber daya yang akan digunakan sebelum proyek dimulai.

3. Perencanaan proyek, menguraikan dengan jelas bagaimana sebuah proyek harus dijalankan.

4. Pelaksanaan proyek, melakukan pekerjaan agar proyek yang dimaksud tersebut berhasil sesuai dengan keinginan.

5. Pemantauan dan pengendalian proyek, pengambilan langkah-langkah yang diperlukan sehingga pegoperasian proyek berjalan lancar.

6. Penutupan proyek, menerima hasil akhir dari proyek dan menghentikan semua penggunaan sumber daya.

 

 

Read 3888 times Last modified on %AM, %10 %332 %2017 %06:%Apr