%AM, %04 %133 %2017 %02:%Apr

Software Engineer Profesi yang Menggiurkan

Written by Cica Nurlatifah Mahasiswi STTNF
Rate this item
(3 votes)

Jurusan IT adalah jurusan yang cukup diminati dan menjanjikan di masa depan. Kenapa begitu ? Karena dari tahun ke tahunnya selalu ada peningkatan kebutuhan dibidang IT oleh berbagai perusahaan. Nah, salah satunya adalah Software Engineer.

Apa sih Software Engineer itu ? Mungkin kalian tidak ada yang tau, jenis pekerjaan ini. Yuk kepoin !
Software Engineer adalah sebuah profesi atau pekerjaan di dunia IT yang deskripsi kerjanya melakukan aktivitas engineering (analisa, rekayasa, spesifikasi, implementasi, dan validasi) untuk menghasilkan produk berupa perangkat lunak yang digunakan untuk memecahkan masalah pada berbagai bidang. Tugas dari seorang software engineer mirip dengan pekerjaan seorang programmer dan system analyst, maka dari itu software engineer diwajibkan paham mengenai keduanya. Yang membedakan software engineer dengan kedua profesi tersebut adalah seorang software engineer harus mendalami ilmu mengenai Software Development Life Cycle (SDLC) sebagai modal untuk mengembangkan software, mulai dari requirement hingga maintenance. Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan yang memang bergerak di bidang IT, khususnya bidang pengembangan software. Tentunya jenis pekerjaan ini yang banyak dicari oleh sebuah perusahaan software di dunia.

Untuk bisa menjadi seorang software engineer, kamu harus memiliki latar belakang pendidikan tertentu yang memberikan bekal untuk melakukan kerja dengan baik dan benar. Selain itu setelah lulus dari pendidikan, seorang Software Engineer juga dituntut untuk memiliki pengalaman cukup dalam pekerjaan yaitu dengan mengikuti pekerja magang dalam proyek. Software Engineer juga harus terus memperbaharui pengetahuan dan ketrampilannya karena perkembangan teknologi komputer berkembang sangat cepat.

Tanggung jawab yang khas dari pekerjaan seorang Software Engnieer meliputi:

Menyelidiki aplikasi saat ini,
Penghubung dengan pengguna,
Memproduksi spesifikasi,
Biaya sistem baru atau diubah,
Menyetujui proposal,
Menulis perangkat lunak dan operasi baru manual,
Pengujian produk untuk memastikan bahwa itu beroperasi memuaskan,
Pengguna pelatihan, dan
Penanganan dukungan dan umpan balik.

Berapa sih gaji seorang Sofware Engineer ?
Satu hal lagi yang membuat profesi menjadi incaran adalah tawaran gaji yang menggiurkan. Kalian pasti tidak menyangka bahwa gaji seorang software engineer rata-rata Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000. Perusahaan startup seperti bukalapak.com dan Traveloka berani menggaji tinggi software engineer mereka, yaitu sekitar Rp11.000.000 hingga Rp12.000.000. Tapi masih belum ada yang bisa mengalahkan gaji software engineer perusahaan oil & gas seperti Schlumberger yaitu sebesar Rp19.500.000.
Wow fantastik dan menggiurkan bukan? Kalian tertarik menjadi seorang Software Engineer?

Read 7929 times Last modified on %AM, %04 %149 %2017 %02:%Apr