%AM, %29 %235 %2017 %04:%Agu

VPN Vs SSH, Manakah yang Paling Aman?

Written by
Rate this item
(0 votes)

VPN dan SSH tunneling sama-sama berfungsi sebagai "tunnel" atau jalur khusus di dalam lalu lintas jaringan untuk membuat sambungan yang terenkripsi. Meski berbeda namun dalam beberapa hal keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan sambungan yang aman di dalam lalu lintas jaringan.

Nah, sebelum Anda memutuskan mana yang akan digunakan dari keduanya. Ada baiknya memahami terlebih dahulu pengertian dan cara kerja dari kedua layanan ini, berikut ulasannya :

Pengertian dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

VPN atau jaringan virtual pribadi adalah koneksi yang menghubungkan ke lalu lintas jaringan lain secara private melalui jaringan publik. VPN sering digunakan oleh perusahaan untuk melindungi data mereka yang dikirim melalui jaringan internet.

Setiap perusahaan seharusnya memiliki jaringan lokal untuk menghubungkan tiap unit kerja didalamnya. Jaringan lokal yang berisi data-data penting tersebut tentu sangat beresiko apabila terhubung langsung ke jaringan publik. Nah, lalu bagaimana jika seorang karyawan ingin mengakses sumber daya perusahaan namun ia tidak sedang berada dikantor. Inilah kemudian mengapa perusahaan juga wajib membangun VPN Server sebagai koneksi private untuk mengakses jaringan lokal perusahaan melalui internet. Koneksi yang dibentuk VPN tersebut menjamin lalu lintas jaringan yang terbentuk akan menjadi sangat aman.

Kelebihan VPN

1. Mudah digunakan oleh pengguna awam sekalipun.
2. VPN melakukan enkripsi terhadap file yang dikirim sehingga sangat aman.
3. VPN support pada layer jaringan TCP dan UDP.
4. Bisa membuka jaringan yang diblokir oleh ISP tertentu.
5. Mengakses internet sebagai pengguna anonim.

Kelemahan VPN

1. Membutuhkan bandwidth yang besar.
2. Biaya langganan dan membangun server yang cukup mahal.

Pengertian dan Cara Kerja SSH (Secure Shell)

Secure Shell atau disingkat SSH adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk pertukaran data melalui koneksi yang aman antar dua jaringan. Selain, SSH juga dapat digunakan untuk memasuki ke jaringan lain yang lebih banyak secara aman. SSH dibuat untuk menggantikan tugas telnet dan shell yang dianggap masih memiliki banyak kekurangan dan celah keamanan. Sama seperti VPN, SSH juga akan melakukan enkripsi dan integritas terhadap kerahasiaan data.

Kelebihan SSH

1. Tidak memerlukan bandwidth besar untuk membuat sambungan SSH.
2. SSH Tunneling dapat dimanfaatkan untuk internet gratis dengan menumpang jaringan milik provider tertentu.

Kekurangan SSH

1. Konfigurasi dan pengaturan SSH lebih rumit dibandingkan VPN, sebaliknya untuk membuat SSH Server tidak sesulit dibandingkan membangun VPN Server.
2. Tidak support pada layer jaringan UDP, hanya mendukung TCP.
3. Harus selalu rutin maintenance.

Mana yang lebih baik antara VPN dan SSH?

Jika kita khawatir mengenai keamanan data untuk keperluan bisnis dan perusahaan maka lebih baik menggunakan VPN. Dengan VPN, semua lalu lintas jaringan yang masuk harus melewati Server VPN terlebih dahulu, hal ini membuat lalu lintas jaringan lokal perusahaan yang juga terhubung ke internet akan terlihat sangat private dan aman.

Namun, jika kita membutuhkan koneksi enkripsi hanya untuk membuat sambungan biasa, baik untuk menjelajah internet atau mengakses wifi publik saja tentu menggunakan SSH server atau jaringan VPN akan sama baiknya dalam memberi perlindungan yang kuat. Tetapi yang pasti biaya berlangganan SSH jauh lebih murah dibandingkan VPN.

Namun, yang perlu diketahui selanjutnya adalah untuk terhubung ke jaringan VPN tentu tidak memerlukan kesulitan sama sekali. Bahkan pengguna awam sekalipun tidak akan mengalami kesulitan. Berbeda ketika melakukan koneksi SSH tunneling yang memerlukan proses yang sedikit rumit dan bagi pengguna awam pasti akan kesulitan.

Read 3714 times