Kamis, 28 September 2017 14:40

SUSE Linux Enterprise 12 SP3 dirilis

Written by  Wiji Noviasih Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Versi terbaru dari SUSE Linux Enterprise Server memperluas jangkauan server Linux ke prosesor baru dan meningkatkan kinerja dan keamanan. Red Hat Enterprise Linux (RHEL) mendapatkan sebagian pusat perhatian di masanya, namun SUSE Linux Enteprise Server (SLES) juga merupakan bisnis Linux terbaik. Rilisan terbaru, SLES 12 SP3, mendukung platform perangkat keras yang lebih baik dari sebelumnya dan memiliki performa, kemampuan clustering, dan keamanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Patch baru ini mendukung chip terbaru dari ARM (AArch64), Intel, AMD, SAP HANA, IBM z Systems, dan POWER. Ini juga mendukung NVM (Non-Volatile Memory) Express over Fabrics.

Secara khusus, SUSE 12 SP3 mendukung:

  • Hardware dan virtualisasi dengan kerapatan komputasi yang lebih tinggi, penggunaan daya lebih rendah, dan perangkat keras ekonomis menggunakan sistem ARM System-on-a-Chip (SoC) baru dari Cavium, Qualcomm, dan lainnya.

  • Perbaikan kecepatan infrastruktur dengan dukungan untuk keluarga prosesor Xeon terisi Xeon terbaru dan paling kuat.

  • Tingkatkan responsif dengan dukungan tambahan untuk prosesor AMD EPYC dan Ryzen terbaru untuk virtualisasi, komputasi, dan datacenter, termasuk sistem desktop.

  • Dukungan data transaksi dan ukuran beban kerja untuk SAP HANA yang sangat besar pada POWER menggunakan ruang alamat virtual yang diperluas.

  • Optimalisasi beban kerja dan peningkatan keamanan data untuk Sistem z dengan dukungan penuh untuk SUSE KVM pada z beserta dukungan kriptografi yang disempurnakan untuk enkripsi data end-to-end.

Rilis SUSE yang baru, yang telah bergerak cepat di atas cloud, juga tersedia di cloud OpenStack asalnya, Amazon Web Services, Azure, dan Google Compute.

Untuk performa dan keamanan, SLES 12 SP3 meliputi:

  • Komunikasi Non-Volatile Memory Express (NVMe) lokal yang cepat dan perangkat penyimpanan jarak jauh dengan dukungan NVMe over Fabrics (NoF). Dengan menggunakan NVMe Anda dapat sepenuhnya memanfaatkan manfaat dari solid-state drive modern.

  • Meningkatkan kinerja database dengan dukungan perangkat blok Ganda Non-Volatile Dual In-Line Memory Module (NV-DIMM) yang ditingkatkan.

  • Optimalisasi aplikasi SAP untuk kinerja dengan konfigurasi dan dukungan tuning untuk SAP Adaptive Server Enterprise dan SAP Business Objects.

  • Perluasan kemampuan keamanan dengan dukungan yang diperbarui untuk TPM (Trusted Platform Module) 2.0 dan memperluas dukungan server kunci untuk volume sistem SAP dengan standar Protokol Manajemen Interoperabilitas Utama (KMIP)

Rilis ini juga mendukung penuh MariaDB untuk pengguna database dan wadah Docker. Anda juga akan dapat menggunakan SLES sebagai desktop dengan SUSE Linux Enterprise Workstation Extension yang baru tetapi harus berlangganan SUSE Linux Enterprise Desktop (SLED). SLED 12 SP3 sekarang menggunakan GNOME 3.20 untuk antarmuka desktopnya. Jika Anda lebih memilih tampilan SLED yang lebih tua, SUSE juga menawarkan mode SUSE Linux Enterprise Classic khusus.

SLES 12, yang dirilis pada bulan Oktober 2014, memiliki siklus hidup 13 tahun, dengan 10 tahun dukungan perdana dan tiga tahun dukungan yang diperpanjang. Versi saat ini (SP3) akan dimaintenance dan didukung sepenuhnya sampai enam bulan setelah peluncuran SLES 12 SP4.

Read 1295 times