Rabu, 18 Oktober 2017 01:23

10 Aplikasi Produktivitas Linux Gratis yang Mungkin Belum Anda Tahu

Written by  Wiji Noviasih Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Aplikasi atau Software produktivitas dapat benar-benar membuat pekerjaan Anda terasa lebih mudah. Jika Anda pengguna Linux mungkin anda sudah menggunakan beberapa aplikasi produktivitas yang familiar digunakan seperti libreoffice, gimp, dll. Namun ternyata terdapat alternatif aplikasi produktivitas yang lainya. Berikut 10 aplikasi produktivitas yang belum anda ketahui ini mungkin dapat membantu anda.

  1. Tomboy/Gnote
    tomboy

    Tomboy adalah aplikasi notes sederhana. Ini bukan untuk Linux saja - Anda bisa menggunakanya untuk Unix, Windows, dan macOS juga. Tomboy cukup mudah digunakan, Anda bisa menulis catatan, memo dan memilih apakah akan membuatnya terlihat di desktop maupun menghapusnya.
  2. MyNotex
    notex

    Jika Anda menginginkan note-taker (read: pencatat) dengan lebih banyak fitur namun tetap memilih aplikasi yang kecil dan sederhana, MyNotex layak dicoba. Selain sederhana, ia hadir dengan beberapa fasilitas menarik, seperti kemampuan memformat, shortcut keyboard, dan lampiran untuk beberapa nama. Anda juga bisa menggunakannya sebagai file manajer gambar.
  3. Trojitá
    trotija

    Meskipun Anda terbiasa membuka email di web tanpa aplikasi desktop, namun ingin mencoba membuka email dengan aplikasi Desktop, cobalah Trojitá. Aplikasi ini bagus untuk produktivitas karena ini adalah aplikasi desktop email yang cepat dan ringan, namun menawarkan semua dasar (dan lebih banyak lagi) klien email yang bagus.

  4. Kontact
    kontact

    Personal Information Manager (PIM) adalah alat produktivitas yang hebat, salah satu Aplikasi Personal Information Manager (PIM) yang bisa digunakan adalah Kontact. Kontact dapat digunakan untuk mengelola email, buku alamat, kalender, tugas, berita terbaru, dll. Kontact digunakan pada Desktop Environtment KDE, namun Anda bisa menggunakannya dengan desktop lain juga.

  5. Osmo
    cosmo

    Osmo adalah aplikasi yang jauh lebih up-to-date dengan fungsi kalender, tugas, kontak, dan catatan. Tersedia dengan beberapa fasilitas yang bagus, seperti backup data pribadi terenkripsi dan lokasi alamat di peta, serta kemampuan searching yang bagus untuk catatan, tugas, kontak, dll.

  6. Catfish
    catfish

    Anda tidak bisa menjadi produktif tanpa tool search atau pencari yang bagus. Catfish adalah salah satu tool pencarian yang harus dicoba. Catfish sangat cepat dan ringan. Catfish menggunakan pelengkapan otomatis dari Zeitgeist, dan Anda juga dapat memfilter hasil menurut tanggal dan jenisnya.

  7. KOrganizer
    korganizer

    KOrganizer adalah komponen kalender dan aplikasi penjadwalan Kontact yang disebutkan di atas. KOrganizer menawarkan ToDo dan entri acara yang cepat dan mudah digunakan, serta dapat menambahkan lampiran untuk acara dan todos.

  8. Evolution
    evolution

    Aplikasi Evolution mungkin bukanlah aplikasi daftar terbaik, namun bisa digunakan sebagai alternatif. Mungkin Anda pernah mendengar tentang Evolution sebagai aplikasi email, tapi Evolution dapat digunakan juga untuk mengelola kalender, surat, buku alamat dan tugas.

  9. Freeplane
    freeplane

    Saya tidak tahu berapa banyak dari Anda menggunakan perangkat lunak pemetaan pikiran (mind-mapping) setiap hari, tapi jika Anda melakukannya, cobalah aplikasi Freeplane. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk pemetaan pikiran (mind-mapping) dan mengelola pengetahuan (knowledge management). Anda bisa membuat catatan, mengaturnya di cloud atau grafik, mengatur tugas dengan kalender dan pengingat, dll.

  10. Calligra Flow
    caligra

    Jika Anda membutuhkan tools flowchart dan diagram, cobalah Aplikasi Calligra Flow. Walaupun Calligra Flow tidak menawarkan fasilitas selengkap Microsoft Visio. Namun anda bisa tetap bisa menggunakannya untuk membuat diagram jaringan, diagram organisasi, diagram alur dan banyak lagi.

Alat produktivitas tidak hanya mempercepat kerja, tapi juga membuat pekerjaan lebih teratur. Pastinya hampir tidak ada orang yang tidak menggunakan alat produktivitas dalam bekerja. Mencoba aplikasi yang tercantum di atas bisa membuat Anda lebih produktif dan bisa membuat hidup Anda setidaknya sedikit lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

Read 2240 times Last modified on Rabu, 18 Oktober 2017 10:27