%AM, %20 %488 %2018 %10:%Mar

5 Hal yang Dilihat Investor Dalam Mengidentifikasi Perusahaan Sukses

Written by Laila Nafilah Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Pengukuran sukses sudah didefinisikan secara luas karena standar ukuran setiap peluan berbeda, terutama di bidang investasi swasta. Namun tidak berarti kita tidak bisa menerapkan pendekatan yang tepat untuk menilai sebuah perusahaan. Terdapat penerapan penilaian relatif untuk bisa  mengidentifikasikan ‘pemain’ yang ‘luar biasa’.

Berikut adalah lima kategori penilaian utama yang dirasa sangat penting untuk menilai potensi sebuah perusahaan :

  1. Kinerja keuangan dan operasi
    Data keuangan seperti pendapatan, EBITDA, dan laba bersih memberikan sinyal yang jelas untuk hal-hal berikut:

    - Dapatkah perusahaan mendukung tingkat pembakaran saat ini (jika laba bersihnya kurang dari nol)?
    - Berapa banyak waktu yang mereka miliki sebelum mereka membutuhkan suntikan modal lagi?
    - Apakah pemasaran, akuisisi pelanggan, dan biaya litbang berkelanjutan?
    - Apakah ada pasar untuk produk atau solusi perusahaan
    - Apakah pasar bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk produk atau solusinya?
    - Apakah perusahaannya berjalan dengan baik?
  2. Latar belakang manajemen
    Latar belakang pendiri sangat penting, terutama terjadi pada perusahaan tahap awal, di mana metrik kinerja kuantitatif sulit didapat. Di sinilah pengalaman dan struktur tim yang relevan menjadi titik data yang signifikan dalam memprediksi kesuksesan sebuah perusahaan.
    Karena pada saat menjalankan perusahaan startup atau development akan ada beberapa tantangan yang  bersifat sektoral misalnya tantangan yang terkait  kekayaan intelektual, jaringan klien, keahlian teknis, dsb.  Selain tantangan sektoral terdapat juga tantangan yang bersifat generik misalnya manajemen orang, proses bisnis, manajemen proyek, dll.

  3. Kinerja industri
    Prospek suatu industri pasti akan berdampak pada potensi perusahaan, oleh karena itu investor melihat industri perusahaan. Apakah industri tersebut sedang naik atau turun? Berapa ukuran pasar saat ini, dan faktor apa yang akan menyebabkannya pertumbuhan dan penyusutan? Apakah itu dipengaruhi oleh kekuatan eksternal seperti kebijakan peraturan? Seberapa rentan terhadap gangguan?
  4. Produk dan merek
    Penawaran yang kuat seringkali merupakan titik interaksi pertama antara perusahaan dan pelanggannya, dan merupakan manifestasi dari upaya perencanaan dan akuisisi yang baik. Maka dari itu investor akan memperhatikan defisiensi produk yang menyangkut hal berikut

    - Apakah paten terkait dengan teknologi?
    - Apakah produk atau layanan tersebut menciptakan pasar baru ?
    - Apakah perusahaan memiliki kepemimpinan pasar produk berdasarkan peringkat produk, penghargaan / pengakuan, dan potensinya untuk menawarkan solusi revolusioner?
  5. Deal dan exit potensial
    Penilaian perusahaan pada tahap penggalangan dana saat ini harus berada dalam jangkauan di industrinya, dan kita dapat merasakannya dari faktor-faktor yang diuraikan di atas. Sebuah perusahaan dengan valuasi tinggi sepadan dengan pertumbuhan  kinerja dari putaran penggalangan dana terakhir mereka akan mencetak lebih tinggi dari yang memiliki valuasi lebih rendah dan memiliki hasil yang relatif lebih rendah. Sebuah perusahaan dengan tim yang lebih kuat, keuangan, kinerja operasi, dan produk di pasar yang lebih besar harus memiliki valuasi yang lebih tinggi.

Jalan menuju investasi yang sukses tidak pernah mudah. Tetapi kemampuan untuk mengukur faktor pendukung kesuksesan perusahaan di masa depan membantu mendemokratisasi investasi swasta. Ada waktu dan tempat untuk "firasat" dan "intuisi investor", namun dosis data, analisis, dan ratiokasi yang sehat membuat keputusan investasi yang efektif.

Sumber: Techinasia.com 

Read 1325 times Last modified on %AM, %21 %136 %2018 %02:%Mar