%AM, %21 %337 %2018 %07:%Mar

Android P: Mengubah Smartphone Menjadi Mouse dan Keyboard.

Written by Kuati Septiani Mahasiswi STTNF
Rate this item
(0 votes)

Baru-baru ini Google tengah merilis Android P versi beta developer preview. Sesuai dengan namanya, versi ini khusus diperuntukan bagi para pengembang yang terdaftar di Google.

Dikutip dari Engadget, Senin (5/3/2018), Android P bakal memiliki kemampuan terhadap keamanan. Dimana sistemnya akan mencegah aplikasi yang mencurigakan yang hendak mengakses kamera dan mikrofon pada ponsel. Sistem ini bekerja ketika terdapat malware yang akan merekam suara latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Selain itu, Android P juga dibekali layanan profil berupa perangkat Bluetooth HID. Dukungan ini memungkinkan pengguna dapat menjadikan perangkatnya sebagai keyboard QWERTY atau mouse via Bluetooth.

"Meski begitu, perbedaan signifikan muncul dalam seri terbaru sistem operasi ini," kata Vice President Engineering Google, Dave Burke, seperti dilansir laman The Verge, Jumat, 9 Maret 2018.

Berikut ini merupakan daftar kelebihan yang dikutip dari versi preview Android P:

  1. UI seperti UI iOS iPhone
    Menurut bocoran yang tersebar di berbagai forum Android, user-interface (tampilan antar-muka) akan dirancang seperti iOS Apple. Tujuannya, mengajak pengguna iPhone pindah ke Android. Namun masih sedikit bocoran tentang hal ini.
  2. Posisi jam berubah
    Posisi jam yang semula berada di sebelah kanan berpindah ke kiri layar. Menurut pihak Google, perpindahan lokasi ini merupakan jalan keluar untuk desain smartphone yang memiliki poni layar (notch) seperti pada iPhone X.
  3. Warna menu "Pengaturan"
    Menu Setting (Pengaturan), yang biasanya hanya digambarkan warna abu-abu, dalam Android P menjadi sangat berwarna. Begitupun dalam menu Quick Setting di layar utama. Warna-warna pada ikon menu tersebut akan menggunakan warna biru saat aktif dan abu-abu saat tidak aktif. Aksennya juga jadi lebih bulat.
  4. Fungsi tombol Power bertambah
    Di Android P, fungsi tombol Power bertambah dengan pilihan "Screenshot". Jadi kini tak perlu lagi menekan banyak tombol untuk melakukan capture layar. Cukup tekan tombol Power.
  5. Font
    Google menggunakan font Product Sans dalam seri OS ini.
  6. Smartphone jadi keyboard atau mouse
    Fungsi yang tak kalah menarik dari sistem operasi ini ialah perangkat smartphone Anda bisa digunakan sebagai keyboard atau mouse. Cara kerjanya menggunakan jaringan Bluetooth. Fitur ini akan diberikan pertama kali untuk telepon seluler Pixel lebih dulu.

Selesai.

Read 1450 times Last modified on %AM, %21 %401 %2018 %08:%Mar