Minggu, 15 April 2018 22:44

10 Website Challenge Coding Terbaik 2018

Written by  Tika Ayati Mahasiswi STT-NF
Rate this item
(0 votes)

Pemrogaman merupakan salah satu hal yang paling tren dan cukup banyak diminati saat ini. Selain memiliki keunikan tersendiri , pemrogaman rupanya memiliki daya tarik tersendiri pada bidang profesi dan jenjang karir. Pasalnya seorang programer pasti tidak akan lepas dengan yang namanya coding. Jika kamu seorang pemula, berikut website yang dapat membantu kamu memiliki tantangan tersendiri untuk menjelajahi dunia pemrogaman.

1. Coderbyte

Coderbyte menyediakan 200 + tantangan coding yang dapat kamu selesaikan di editor online menggunakan 10 bahasa pemrograman yang berbeda. Ini juga menyediakan solusi untuk beberapa tantangan bersama dengan 800.000+ solusi dari pengguna. Coderbyte direkomendasikan oleh top coding bootcamps karena memiliki koleksi tantangan persiapan wawancara.
Selain tantangan coding, mereka menyediakan kursus Algorithms & Data Structures, Web Development, dan kursus persiapan untuk coding bootcamps.

2. Codewars

Codewars menyediakan banyak koleksi tantangan coding yang disubmit dan diedit oleh komunitas mereka sendiri. Kamu bisa menyelesaikan tantangan online secara langsung di editor mereka dengan menggunakan salah satu dari 20 bahasa pemrograman. Selain itu kamu bisa melihat diskusi untuk setiap tantangan serta solusi dari pengguna. Kamu bisa mendapatkan poin dan naik peringkat dengan memecahkan tantangan mereka.

3. CodeFights

CodeFights menyediakan kumpulan tantangan coding yang harus kamu selesaikan di editor online mereka dan ada forum bagi pengguna untuk mendiskusikan tantangannya. Mereka juga memiliki fitur yang disebut Company Bots dimana kamu dapat menulis kode untuk bersaing dengan "bot" yang diprogram oleh insinyur di perusahaan seperti Uber, Dropbox, dan Quora.

4. CodinGame

Website ini berbeda dari website yang tercantum di atas karena hanya memecahkan tantangan coding dengan menghasilkan satu set output, pada CodinGame kamu menulis kode untuk benar-benar memainkan game secara online. Ini adalah situs web yang bagus dan beberapa permainan sangat menyenangkan. Grafik game bagus dan editor/game UI sangat halus. Secara keseluruhan itu adalah situs yang bagus bagi pemula untuk belajar coding.

5. TopCoder

TopCoder adalah salah satu platform untuk pemrograman online yang kompetitif. Menyediakan daftar tantangan algoritma yang dapat kamu selesaikan sendiri secara langsung dengan menggunakan code editor mereka. Pertandingan putaran pertama ditawarkan beberapa kali per bulan pada waktu tertentu di mana kamu harus bersaing melawan orang lain untuk memecahkan tantangan.
Selain memecahkan tantangan untuk bersenang-senang, mereka menawarkan kompetisi di mana kamu bisa memenangkan hadiah bagi yang menulis solusi terbaik.

6. HackerRank

HackerRank berfokus pada topik ilmu komputer sehingga memberikan tantangan untuk beberapa domain seperti Algoritma, Matematika, SQL, Pemrograman Fungsional, AI, dan lainnya. Kamu bisa menyelesaikan semua tantangan secara langsung. Mereka menyediakan diskusi dan papan peringkat untuk setiap tantangan, dan sebagian besar tantangan datang dengan editorial yang menjelaskan tentang tantangan dan bagaimana mendekatinya untuk menghasilkan solusi.

7. LeetCode

LeetCode memiliki kumpulan beberapa tantangan algoritma terbaik saat ini. Topik yang dibahas memerlukan pengetahuan tentang struktur data seperti binary trees, hepas, linked list, dan sebagainya, karena itulah tantangan pada website ini sedikit lebih maju daripada beberapa situs web lainnya - namun tantangannya bagus jika digunakan saat mempersiapkan wawancara rekayasa perangkat lunak.
LeetCode juga memiliki bagian Mock Interview yang khusus untuk persiapan wawancara kerja, mereka menggelar kontes coding mereka, dan mereka memiliki bagian artikel untuk membantu kamu memahami masalah-masalah tertentu dengan lebih baik.

8. CodeChef

CodeChef adalah situs pemrograman kompetitif berbasis India yang menyediakan ratusan tantangan. Kamu dapat menulis kode di editor online mereka dan melihat koleksi tantangan yang dipisahkan ke dalam kategori yang berbeda tergantung pada tingkat keahlian kamu. Selain itu CodeChef memiliki komunitas besar dari coder yang berkontribusi di forum, menulis tutorial, dan mengikuti kontes coding di CodeChef.

9. GeeksforGeeks

GeeksforGeeks memiliki kumpulan artikel, penjelasan, dan solusi untuk topik algoritma dan struktur data. GeeksforGeeks memiliki editor online dimana kamu bisa berlatih memecahkan tantangan sendiri sebelum melihat solusinya.
Jika kamu sedang mempersiapkan wawancara software engineering, kamu harus mengunjungi situs ini untuk mempersiapkan dan mempelajari lagi pertanyaan algoritma yang lebih sulit.

10. Codeforces

Codeforces adalah situs pemrograman kompetitif berbasis Rusia yang secara teratur menyelenggarakan kompetisi di mana beberapa programmer terbaik di dunia bersaing secara online. Jika kamu seorang programmer pemula, tantangan mereka kemungkinan besar akan terlalu sulit untuk kamu. Tantangan mereka biasanya membutuhkan pengetahuan matematika dan algoritma tingkat lanjut.

Sumber: Medium.com

Read 2390 times Last modified on Rabu, 18 April 2018 13:52