%PM, %23 %692 %2018 %15:%Mei

Jangan Menjadi Junior Developer

Written by Tika Ayati Mahasiswi STT-NF
Rate this item
(0 votes)

Junior Developer merupakan salah satu profesi yang banyak digandrungi dan digemari beberapa orang karena jenjang karir dan gaji yang cukup memuaskan. Namun tahukah kalian bahwasannya ketika kita melamar sebuah pekerjaan atau meminta sebuah projek dengan kalian mengatakan bahwa anda masih menjadi seorang Junior Developer itu adalah hal yang kurang tepat. Karena, bisa jadi ketika anda diterima pada sebuah perusahaan dan anda memiliki atasan yang menurut anda skillnya masih berada dibawah anda dengan status anda sebagi junior Developer ketika diterima disebuah perusahaan maka status anda tidak lebih hanya sebagai seorang junior Developer saja. Bukan sebagai seorang developer midle ataupun high developer karena pada dasarnya mereka yang mengenal anda hanya mengetahui bahwa kemampuan anda adalah seorang junior developer.

Hal yang harus dihindari ketika anda melamar pekerjaan, interview maupun menerima proyek jangan katakan anda seorang Junior develeper karena akan berpengaruh pada presepsi setiap orang dan jenjang karir kedepannya, dengan meningkatkan skill dan perfoma untuk menjadi Midle developer itu lebih baik dari pada hanya menjadi junior developer.

Bagaimana dapat mengetahui anda bukan seorang Junior developer ? berikut tips pertanyaan yang dituliskan pada artikel medium.com sebagai berikut : di sini adalah tes sederhana untuk pengembang web: Dapatkah Anda menjelaskan kepada anggota keluarga Anda cara kerja internet? Bagaimana cara kerja komputer? Bagaimana cara kerja situs web? Apakah Anda memiliki pemahaman dasar tentang HTML, CSS, dan Javascript sehingga Anda dapat membuat situs web sendiri? Apakah Anda tahu sedikit React? Sudahkah Anda membangun beberapa proyek sendiri di Github dan Anda merasa nyaman memasang situs web dan aplikasi online?

Jika anda bisa menjawab semua pertanyaan tersebut bisa dipastikan kalau anda bukanlah seorang Junior Developer. Beberpa orang terdesak akibat kebutuhan pekerjaan yang ingin segera mereka dapatkan dan tidak memperhatikan dampak lingkungan dan pemikiran pendek yang terlalu tergesa gesa akibat dari keinginan yang mendesak. Pastikan jika anda ingin bekerja dengan meningkatkan skill dan kecerdasan pada kemapuan developer anda pastikan bahwa anda mendapatkan lingkungan pekerjaan dengan orang – orang yang ingin mendapatkan hal yang sama seperti ini anda dan dapat anda pelajari untuk peningkatan skill anda.

Meminimalisir dan Memastikan ketika anda bekerja tidak mengetahui apa yang harus dikerjakan maka dari sekarang fokuskan diri anda pada profesi yang ingin anda bangun. Menjadi developer tidaklah mudah apalagi hanya berdasarkan pengembangan skill secara mandiri dan otodidak karena untuk mengetahui lingkup pekerjaan sendiri diperlukan seorang tutor dengan skill yang lebih dari anda. Medium.com memberikan jawaban apa saja yang harus dipelajari untuk meningkatkan skill anda kedepannya yaitu:

SSH

Linux Servers

Performance (from minimizing DOM updates to Load Balancing)

Security

State Management

AWS lambda and other server-less architectures

Typescript

Server Side vs Single Page Applications Testing
Docker

Sessions with JWT

Redis
Progressive Web Apps Continuous Integration/ Continuous Delivery Teknologi baru dan sedang berkembang

Topik diatas merupakan pembelajaran untuk menjadikan diri anda bukan lagi seorang Junior Developer. Jika anda sudah menguasai ilmu teknolgi diatas maka Berhenti menyebut diri Anda seorang Junior Developer. Memiliki pola pikir bahwa anda seorang Junior Developer dan anda terus mencari untuk belajar dari orang lain, tetapi tidak pernah puas dengan peran pengembang junior. Beranikan diri untuk meminta pendapat orang lain mengenai Skill anda untuk kerpercayaan diri anda kedepannya, atau paling tidak jika anda punya seorang tutor tanyakan apakah saya pantas menyebut diri saya seorang Junior Developer dengan kemampuan yang saya miliki. Seperti semoga artikel ini dapat membantu semua pertanyaan yang ada di diri anda.

Sumber:
Artikel
Gambar

Read 1096 times Last modified on %AM, %24 %226 %2018 %04:%Mei