%AM, %30 %381 %2018 %08:%Mei

10 Alasan Menggunakan Linux Ubuntu

Written by Afifah Sausan Mahasiswi STTNF
Rate this item
(1 Vote)

Linux Ubuntu adalah sistem operasi open source yang paling populer. Ada banyak alasan untuk menggunakan Ubuntu Linux yang membuatnya menjadi distro Linux yang populer. Selain free dan open source, Ubuntu sangat bisa dimodifikasi dan memiliki Repository yang penuh dengan aplikasi.

Ada banyak distribusi Linux yang dirancang untuk berbagai kebutuhan. Sebagai software Open Source, Linux memungkinkan Developers untuk mengambil source code dan membuat sesuatu yang baru dan menarik.

Dari berbagai distro Linux yang tersedia, Ubuntu, Linux Mint, Fedora, openSUSE, dan Debian adalah beberapa sistem operasi yang paling populer. Jika kamu menghadapi masalah dengan gangguan privasi di Windows 10, kamu bisa mencoba pengalaman baru dengan Linux.

Jika kita melihat statistik, Ubuntu adalah sistem operasi open source yang paling populer. Sebagian besar dari kita, Ubuntu adalah sistem operasi berbasis Linux pertama yang akan digunakan. Itulah mengapa penulis memutuskan untuk membagikan 10 alasan terbaik untuk memilih Linux Ubuntu sebagai sistem operasi untuk penggunaan sehari-hari.

Mengapa harus menggunakan Ubuntu Linux?

Terdapat beberapa karakteristik Ubuntu yang menjanjikan yang membuatnya menjadi sistem operasi terpopuler:

1. Ubuntu User-Friendly

Banyak pengguna komputer menganggap sistem berbasis Linux sulit digunakan dan dibuat untuk para Developers. Ini adalah mitos dan kesalahpahaman besar. Sama seperti Windows, menginstal Ubuntu sangat mudah dan setiap orang yang memiliki pengetahuan dasar tentang komputer dapat mengatur sistemnya. Selama bertahun-tahun, Canonical telah meningkatkan pengalaman desktop secara keseluruhan dan memperindah user interface. Bahkan, banyak orang menyebut Ubuntu lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Windows.

2. Ubuntu Free

Tidak diragukan lagi itu adalah alasan besar menggunakan Ubuntu Linux. Mengunduh, menginstal, dan menggunakan Ubuntu Linux tidak membutuhkan biaya sepersen pun. Cukup unduh dari situs web Canonical atau kunjungi situs web torrent favorit Anda, buat Bootable ISO atau burn di drive USB. Linux juga digunakan di berbagai organisasi pendidikan dan pemerintahan di seluruh dunia untuk mengurangi biaya. Selain itu, sebagian besar software juga gratis.

3. Linux Aman. Katakan tidak pada anti-virus.

Akan salah jika mengatakan bahwa Ubuntu 100% kebal terhadap virus. Namun, dibandingkan dengan Windows, yang membutuhkan antivirus, risiko malware yang menyerang Ubuntu sangat jarang. Ini juga menghemat uang karena Anda tidak perlu membeli Anti Virus. Firewall dan metode perlindungan virus bawaan dari linux memastikan Anda terlindung dari virus.

4. Kustomisasi Tinggi

Kebebasan untuk menyesuaikan sistem Anda adalah salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh sistem operasi berbasis Linux. Jika Anda tidak menyukai Desktop Environtment tertentu, bisa ganti dengan yang baru. Jika Anda menemukan lingkungan desktop yang tidak menyenangkan, jangan ragu untuk bereksperimen dengan sesuatu yang baru. Karakteristik ini secara alami dimiliki oleh Ubuntu Linux, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk penggunaan sehari-hari. Kamu bisa mencoba tools seperti Compiz dan membuat pengalaman Ubuntu Anda lebih menarik.

5. Tersedia Berbagai Varian Ubuntu

Pengguna baru mungkin tidak mengetahui bahwa selain Ubuntu berbasis GNOME, ada banyak varian lainnya. Ada berbagai varian Ubuntu yang memenuhi kebutuhan spesifik pengguna. Jika Anda ingin mencoba lingkungan desktop KDE yang modern dan ramping, ada Kubuntu. Untuk sistem dengan konfigurasi rendah, ada Lubuntu dan Xubuntu. Ubuntu GNOME dan Ubuntu MATE adalah dua varian populer lainnya. Edubuntu difokuskan untuk sekolah dan institusi pendidikan. 

6. Komunitas Ubuntu yang mendukung

Sama seperti proyek berbasis Linux lainnya, Ubuntu memiliki dukungan komunitas yang kuat dan ini adalah salah satu keuntungan terbesar dari Ubuntu dibandingkan distro lain. Anda bisa mencari di internet, mengunjungi forum Linux, dan mendapatkan jawaban untuk semua jenis pertanyaan Linux. Anda juga dapat mengunjungi https://www.ubuntu.com/support.

7. Persyaratan Sistem yang Rendah

Dua varian spesifik yaitu Lubuntu dan Xubuntu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sistem kelas yang rendah, Ubuntu Unity juga tidak memerlukan persyaratan sistem yang tinggi. Persyaratan hardware yang disarankan adalah prosesor 700 MHz, RAM 512MB, dan hard disk 5GB.

8. Ribuan Software Gratis di Software Center

Menemukan software yang kamu suka jauh lebih mudah di Ubuntu. Anda hanya perlu membuka Ubuntu Software Center dan menemukan semua software yang bermanfaat. Cukup klik tombol instal dan paket akan diinstal. Alterntif lain, kamu bisa menginstal berbagai software dengan beberapa perintah sederhana. Untuk penggunaan dasar, Ubuntu sudah diinstal dengan banyak software seperti Gimp, Chromium, VLC, dan Firefox.

9. Peningkatan Kompatibilitas, Termasuk Driver

Versi baru dari Ubuntu telah menggunkan kernel Linux terbaru. Hal ini memungkinkan Ubuntu berjalan di berbagai perangkat keras yang tua dengan sistem baru dengan chip terbaru. Ubuntu juga dilengkapi dengan berbagai driver yang sudah diinstall sehingga menghemat waktu.

10. Ubuntu Open Source

Terakhir tetapi tidak sedikit, Ubuntu adalah open source. 

Sumber: itsfoss

Read 2998 times Last modified on %PM, %30 %800 %2018 %18:%Mei