%AM, %08 %205 %2018 %03:%Mei

Penyebab Dibalik Suksesnya Smartphone Android

Written by dian purnama
Rate this item
(0 votes)

Anda pengguna smartphone Android? So pasti dong. Hampir semua orang menggunakan Adroid sebagai alat komunikasi juga alat serba guna lainnya. Zaman sekarang, penggunaan android tidak hanya terbatas pada alat untuk komunikasi saja, tapi berbagai kebutuhan lainnya juga bisa dipenuhi oleh smartphone ini. Pesan ojek saja sudah pake smartphone, hal ini membuat masyarakat menengah ke bawah harus menggunakan smartphone, palagi masyarakat kelas atas sudah pasti menggunakannya sebagai alat bisnis dan lain – lain

Penggunaan smartphone Android tidak hanya terbatas pada alat berkomunikasi atau pesan ojek saja. Bahkan sekarang Android bisa dipakai untuk usaha, alat kerja dan kebutuhan lainnya. Kita bisa membuat toko online sendiri dengan mudah dan murah, hanya bermodalkan smartphone Android dan kuota, kita sudah bisa berbisnis.

Tentu saja perkembagan Android ini didominasi oleh Aplikasinya yang beragam dan serba guna. Sebenarnya Android sendiri hanyalah sebuah wadah untuk menampung aplikasi – aplikasi yang membuat Android menjadi alat serba guna. Para pengembang aplikasi lah yang justru berjasa dalam suksesnya Android ini. Para pengembang aplikasi ini bukan berasal dari staff/ karyawan Android atau Google sebagai developernya, tapi dari berbagai jenis lapisan masyarakat. Dengan berodalkan pengetahuan pemrograman semua orang bisa membuat Aplikasi.

Membuat aplikasi Android sudah menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang, terutama mahasiswa Tekhnik Informatika. Sebenarnya pengetahuan pemrograman saja belum cukup untuk membuat Aplikasi Andorid. Ada satu alat penting yang menjadi kunci utama pengembangan aplikasi android ini yaitu Android Studio. Secara garis besarnya, Android Studio merupakan suatu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi lainnya.

Android studio adalah sebuah IDE untuk Android Develoment yang dikenalkan pihak google pada acara Google I/O pada tahun 2013 lalu. Android studio merupakan suatu pengembangan dari Eclipse IDE, dan dibuat berdasarkan IDE Java populer, yaitu IntelliJ IDEA. Android studio merupakan IDE resmi untuk pengembangan aplikasi android.

Dengan Android Studio lah semua orang akhirnya bisa membuat aplikasi secara gratis dan bebas, dan berkat itu juga Smartphone Android terasa lebih bernyawa. Bukan hanya terbatas pada alat komunikasi saja tapi juga sebagai sarana hiburan dan alat berbisnis yang tentunya murah dan efektif. Sampai saat ini di Indonesia sendiri ada beberapa Aplikasi terkenal yang digunakan untuk berbisnis dan hiburann, antara lain yaitu BukaLapak, Go-Jek, dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut berhasil meraut keuntungan miliaran rupiah setiap tahunnya dengan pengguna lebih dari 1 juta orang dan transaksi lebih dari 1000 setiap harinya.

Tentu saja sangat menggiurkan melihat keuntungan dari berbagai perusahaan besar tersebut yang berawal hanya dari Aplikasi Android yang dikembangkan perorangan. Hal ini menarik perhatian semua orang untuk membuat dan mengembangkan aplikasi android juga. Bahkan bagi sebagian orang menjadi motivasi tersendiri untuk meraih kesuksesa. Siapapun bisa melakukannya, termasuk Anda, hanya bermodalkan pengetahuan pemrograman java yang bisa dipelajari dari buku atau internet dan alat ini tentunya sebagai kunci utama, Android Studio.

Read 1350 times