Rabu, 20 Jun 2018 03:31

Internet of Thing, Teknologi masa depan

Written by  dian purnama
Rate this item
(0 votes)

Pernahkah anda berpikir menghidupkan lampu rumah, mengunci pintu, membuka pintu, menghidupkan mobil dan sebagainya hanya dengan gadget anda. Hal tersebut sering kita lihat di film – film saja. Tapi bagaimana jika kita bisa memilikinya ? Sungguh menarik bukan ? tentu saja hal itu mungkin dimiliki oleh seiap orang. hal itu dinamakan IoT (Internet og Thing). Segalanya diatur melalui internet.

            Pada Tulisan kali ini, penulis akan sedikit menjelaskan tentang IoT. Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar atau bahkan memakai teknologi IoT ini. Bahkan tak sedikit perusahaan besar sudah memakai teknologi ini untuk mengontrol property perusahaanya, mulai dari mesin pabrik, lampu, pintu gerbang, CCTV dan lain sebagainya.

Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT. Internet of Things memiliki potensi untuk mengubah dunia seperti pernah dilakukan oleh Internet, bahkan mungkin lebih baik. (Ashton,2009)

IoT merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Teknologi IoT ini telah dikembangkan selama bertahun – tahun dan mulai terkenal di dunia teknologi sejak tahun 2010. Sampai sekarang, proyek IoT masih terus berlajut dan mengalami perkembangan yang sangat cepat. Sampai saat ini, terhitung lebih dari ribuan alat rumahan yang dapat dikendalikan oleh internet. Jika sekarang saja sudah ribuan alat rumahan bisa dikendalikan, apa jadinya sepuluh tahun mendatang ? mungkin segala sesuatu bisa dilakukan hanya dengan mengklik smartphone anda. Menarik bukan ? bukan hal yang mustahil jika hal itu terwujud.

Meskipun begitu, hal ini masih saja menuai kontroversi di berbagai kalangan. Ada yang berpihak sekaligus mendukung perkembangan IoT, ada juga sebagian yang menolak dengan alsan akan semakin bertambahnya pengangguran karena segala sesuatu nantinya akan dikendalikan dengan internet. Apapun pendapat anda, perkembangan zaman akan memaksa untuk berubah dan tentunya ke arah yang lebih baik, lebih canggih dan lebih modern, seperti hal nya IoT ini, lambat laun akan menjadi teknologi yang dipakai oleh semua orang.

Read 1198 times Last modified on Jumat, 22 Jun 2018 07:06