%PM, %11 %961 %2018 %22:%Des

Dapatkan Kodenya dan Jadilah Seorang Hacker

Written by Aufa Bilah Putra Jazama
Rate this item
(0 votes)

Hackthebox adalah platform online untuk mempelajari hacking, menguji dan meningkatkan keterampilan hacking ataupun penetration testing. Sebelum menggunakan platform ini, kita diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Menariknya, sebelum mendaftar kita juga wajib mendapatkan invite code agar bisa mengakses halaman pendaftaran. Nah, di tulisan kali ini kita akan membahas tuntas bagaimana caranya mendaftar pada website hackthebox. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buka situs hackthebox, lalu arahkan ke menu join, dan klik tombol Join HTB.

2. Selanjutnya kita akan dihadapkan pada halaman yang meminta invite code.

3. Tugas kita disini adalah mencari invite code agar bisa mendaftar pada situs tersebut. Untuk mendapatkan invite code, setidaknya kita harus memiliki pemahaman basic tentang web dasar, penggunaan Chrome Developer Tool, serta penggunaan console.

4. Adapun untuk mendapatkan invite code, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka Developer Tools (ctrl + shift +i) di Google Chrome.

5. Pada element script, copy nilai (url) atribut src /js/intiviteapi.min.js dan buka di tab baru atau klik kanan pilih open in new tab.

6. Perhatikan 2 baris terakhir, terdapat beberapa function yang bisa kita gunakan nanti di console. Salah satunya adalah function makeInviteCode. Function inilah yang akan digunakan untuk membuat invite code.

7. Kembali ke halaman Developer Tool, lalu buka tab console dan jalankan function makeInviteCode.

8. Setelah function dijalankan akan muncul response dari function tersebut. Buka response yang didapatkan, lalu sistem akan menampilkan data yang diencode dengan base64. Data dan encode yang didapatkan bisa saja berbeda-beda.

9. Setelah mendapatkan data tersebut, saatnya kita coba decode ke base64. Saya men-decode ke base64 karena type encode yang saya dapatkan adalah base64, bisa saja encode yang anda dapatkan berbeda. Jadi pastikan untuk mendecode sesuai dengan enctype. Buka situs base64decode untuk mendecode nilai yang didapatkan tadi.

10. Setelah didecode akan muncul pesan dari hasil decode tersebut. Pesannya adalah “In order to generate the invite code, make a POST request to /api/invite/generate”. Artinya untuk mendapatkan invite code, kita harus mengirimkan method POST ke /api/invite/generate.

11. Kini saatnya kita mengirimkan methode POST. Untuk mengirimkan method POST bisa menggunakan postman, curl, atau hackbar extension. Disini saya coba menggunakan curl pada terminal untuk mengirimkan methode POST. Caranya buka terminal, lalu kirim method POST ke /api/invite/generate.

12. Dari method tersebut, kita berhasil mendapatkan invide code, namun code disini masih diencode sehingga kita harus berusaha sedikit lagi untuk mendecode kodenya. Jika dilihat, format code yang digunakan adalah base64 (ditandai karakter = pada akhir code). Langsung saja copy kodenya, lalu decode pada situs base64decode.

13. Setelah didecode, akhirnya kita berhasil mendapat invite code yang sudah didecode. Masukan pada halaman invite code, lalu klik sign-up.

14. Akhirnya kita berhasil masuk pada halaman register dan siap untuk melakukan registrasi

15. Isi form lalu klik tombol Register.

16. Selanjutnya akan muncul halaman pemberitahuan untuk memverifikasi email.

17. Buka email, lalu verifikasi link dan Login.

18. Jika berhasil login, maka akan muncul halaman Home. Yay! Kita telah berhasil bergabung di Hackthebox! Selamat belajar dan menguji skill hacking bersama Hackthebox!

Sumber:
Hackthebox.//medium.com/@aufaroot18/mendapatkan-invite-code-hackthebox-e9fc86a5dab8">Medium (Tulisan Pribadi). Codeburst. Sametisufi.

 

Read 951 times