%PM, %26 %646 %2018 %14:%Des

Cara Membuat User Sudo di Ubuntu dan Debian

Written by Aufa Bilah Putra Jazama
Rate this item
(0 votes)

Singkat : Tulisan ini membahas langkah-langkah untuk membuat User Sudo di Ubuntu atau Distribusi Linux berbasis Debian yang lain.

Apa itu User Sudo atau Sudoer?

Pernah mendengar kata Admin di Windows atau OS lainnya? di Linux, kata Admin lebih dikenal sebagai user sudo. User sudo memiliki hak yang biasanya dimiliki oleh Admin. Setelah hak akses sudo diberikan kepada user biasa, maka user biasa akan berubah menjadi user sudo. User sudo dapat melakukan perubahan di seluruh sistem seperti mengupgrade software, menghapus software, menambah atau menghapus user di sistem, dan lainnya.

Membuat User Sudo di Ubuntu dan Debian.

Pada tulisan kali ini, kita gunakan Ubuntu dalam membuat user sudo namun langkah-langkah yang disebutkan disini dapat diterapkan di Debian ataupun Distro Linux lainnya.

Perintah-perintah yang digunakan disini adalah perintah Linux standar dan sudah terinstall pada sebagian besar distribusi Linux secara default. Namun, belum tentu apakah semua distribusi Linux memiliki grup yang bernama Sudo.

Baik, langsung saja mari kita mulai buat user sudo atau sudoer di Linux melalui Terminal!

Langkah 1 : Membuat user baru.

Langkah pertama untuk membuat user sudo adalah membuat user biasa terlebih dahulu. Linux akan mengatur izin yang diperlukan bagi user biasa untuk membaca, menulis file dan menjalankan program. Jika anda tertarik membaca tulisan tentang hak akses di Linux untuk pemahaman yang lebih baik tentang hal ini, dapat membaca di Linux File Permissions.

Note : Menambah user baru akan membuat grup user yang bernama sama dengan user baru.

Untuk membuat user baru, seseorang harus menjadi user sudo atau menjalankan perintah sudo. Ini untuk memastikan bahwa hanya orang yang memiliki akses atau orang yang bertanggung jawab yang dapat membuat user baru tersebut.

Syntax membuat user baru : sudo useradd <username>

Gambar di bawah menunjukkan pembuatan user baru yang bernama sen :

Perhatikan ketika membuat user sen, maka akan dibuat grup baru bernama sen. Selain itu, akan diminta membuat password untuk user sen. Selain itu juga kita akan dimintai informasi lainnya seperti nama, no hp, dll. Kamu dapat memasukkan data tersebut secara detail tetapi tidak wajib. Setelah user berhasil dibuat. Kita bisa melihat user yang telah dibuat tadi dengan menjalankan perintah berikut :

Melihat user :

  • ls /home

  • cat /etc/passwd | grep <username>

Terlihat bahwa user sen sudah terbuat di Linux yang ditandai dengan terdapatnya direktori sen dan terdapat kata sen di file passwd.

Langkah 2: Menambahkan User Biasa ke User Sudo.

Setelah user dibuat, maka kita dapat mendaftarkannya menjadi user sudo hanya dengan satu perintah saja. Sekali lagi, kita harus menjadi user sudo terlebih dahulu untuk dapat menjalankan perintah ini.

Menambahkan user biasa menjadi user sudo : sudo usermod -aG sudo <username>

Penjelasan perintah diatas:

  • usermod : mengubah atau memodifikasi properti dan hak pengguna.

  • Opsi –a : untuk menambahkan user biasa ke grup sudo

  • Opsi –G : digunakan bersamaan dengan opsi -a untuk menambahkan user biasa ke grup sudo.

Berikut adalah screenshot ketika mendaftarkan user biasa menjadi user sudo.

Langkah 3 : Memverifikasi Akses Sudo

User sen telah ditambahkan menjadi user sudo, sehingga user sen kini dapat menjalankan perintah yang membutuhkan hak akses sudo. Namun sebelum menggunakan hak akses sudo pada user sen, terlebih dahulu kita harus berubah dari user sekarang menjadi user sen.

Mengganti atau berubah ke user sen : su sen

Penjelasan perintah di atas :

  • Su : switch user

  • Sen : nama user

Maka perintah tersebut akan mengganti user menjadi user sen.

Setelah berubah menjadi user sen, pada tahap ini kita bisa menulis berbagai perintah yang membutuhkan hak akses sudo. Untuk memverifikasi apakah user sen telah mendapatkan hak akses sudo, jalankan perintah sudo seperti berikut ini :

Mengupdate linux : sudo apt update.

Atau jika ingin berubah menjadi super user, dapat menggunakan perintah sudo su.

Berubah menjadi super user dari user sen : sudo su

Jika berhasil menjalankan 2 perintah diatas, maka user sen telah didaftarkan sebagai user sudo serta telah memiliki akses sudo. Pada tahap ini, kita telah memiliki user baru yang bernama sen dengan hak akses sudo. Berhati-hatilah dalam memberikan hak akses sudo karena :

Dengan kekuatan yang besar, terdapat tanggung jawab dan resiko yang besar.

Semoga tulisan singkat ini dapat membantu kamu dalam mendaftarkan user biasa menjadi user sudo. Jika memiliki berbagai pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk memberikan komentar di bawah.

Sumber :
Linux Handbook

 

 

 

 

 

Read 1643 times