%AM, %03 %216 %2019 %04:%Mar

Mengapa Harus Belajar Bahasa Pemrograman C?

Written by Aufa Bilah
Rate this item
(0 votes)

C adalah bahasa pemrograman prosedural. Awalnya dikembangkan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1969 - 1973. Bahasa C awalnya dikembangkan sebagai bahasa pemrograman sistem untuk menulis sistem operasi. Terdapat fitur-fitur utama di bahasa C termasuk low-level akses ke memori, simple set of keywords, dan clean style, fitur-fitur ini membuat bahasa C cocok untuk pemrograman sistem seperti sistem operasi atau pengembangan compiler.

Saat ini, mempelajari bahasa pemrograman memiliki banyak manfaat, termasuk bahasa pemrograman C. Namun ada hal yang berbeda jika bisa menguasai bahasa pemrograman C. Salah satu yang terpenting adalah membantu kita dalam memahami arsitektur sistem seperti pointers, bekerja dengan memory locations, dll ataupun hal lain yang mendasari sebuah perangkat komputer.

Selain itu mempelajari bahasa C memiliki banyak manfaat. Diibaratkan, jika seseorang belajar mengemudi mobil dengan mobil manual, maka dia akan bisa lebih mudah untuk mengemudi mobil automatic. Demikian pula jika seseorang mempelajari bahasa pemrograman C terlebih dahulu, itu akan membantunya lebih mudah untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman lain dengan level tinggi yang modern.

Baiklah mari kita lihat lebih dalam beberapa manfaat penting dari belajar bahasa C:

  • C adalah bahasa tingkat menengah. Bahasa tingkat menengah berada di antara bahasa tingkat rendah yang dimengerti oleh mesin dan bahasa tingkat tinggi yang dimengerti oleh manusia. Karena menjadi bahasa tingkat menengah, C mengurangi kesenjangan antara bahasa tingkat rendah dan tinggi. Bahasa C dapat digunakan untuk menulis sistem operasi serta dapat melakukan pemrograman di level aplikasi.

  • Membantu memahami dasar-dasar teori komputer. Sebagian besar teori yang berkaitan dengan komputer seperti Computer Network, Compiler Designing, Computer Architecture, ataupun Operating System berbasis bahasa pemrograman C. Oleh karena itu, jika kita ingin berperan dalam bidang tersebut membutuhkan pengetahuan yang bagus tentang bahasa C terlebih dahulu. Dalam bahasa tingkat tinggi, detail tentang level mesin disembunyikan dari user, sehingga untuk dapat bekerja dengan CPU, Cache, Memory, Network Adapters, maka harus menguasai bahasa C.

  • Library lebih sedikit. Bahasa pemrograman C memiliki library lebih sedikit dibandingkan dengan bahasa pemrograman level tinggi. Sehingga, mempelajari Bahasa C akan meningkatkan kemampuan programming karena harus mempelajari banyak hal dari awal (scratch).

  • C sangat cepat dalam waktu eksekusi. Program yang ditulis dan di-compile dalam bahasa C akan dieksekusi lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain. Ini terjadi karena Bahasa C tidak memiliki overhead pemrosesan tambahan seperti garbage collection ataupun memory leaks, karena programmer harus mengurusi sendiri hal-hal tersebut.

  • Embedded Programming. C banyak digunakan dalam Embedded Programming. Embedded Programming disebut juga pemrograman microcontrollers, di mana program C justru digunakan untuk mengatur microcontrollers tersebut. Microcontrollers dan Embedded Programming sendiri banyak digunakan dalam Automotives, Robotics, Hardware, dll.

Jadi apakah tertarik untuk mempelajari Bahasa Pemrograman C? Langsung saja kunjungi Belajar Bahasa Pemrograman C.

Sumber:
https://www.geeksforgeeks.org/why-learning-c-programming-is-a-must/

Read 392 times