%PM, %29 %780 %2019 %17:%Apr

Perbedaan UI Dan UX Design

Written by Rizky Hidayat
Rate this item
(1 Vote)

Apa yang dimaksud dengan UI/UX? Apakah sebenarnya mereka itu sama atau tidak? Perbedaan antara keduanya apa? Berikut kali ini kita akan bahas mengenai dua hal tersebut dengan secara ringkas.

User Experience

User Experience Design yang sering dikenal yaitu UX Design UX Designer adalah sebuah pekerjaan yang akan sering kita dengar akhir-akhir ini. Sementara UX Design adalah salah satu bidang penting untuk pengembangan produk yang fungsinya masih tetap menjadi “misteri” bagi banyak orang. Ketika seseorang mengatakan “Saya bekerja sebagai UX Designer”, orang tidak selalu tahu apa yang sebenarnya UX Designer lakukan sehari-hari.

Kita akan bahas sedikit mendalam mengenai UX Design :

UX Design is All About

Seiring teknologi digital dan interaksi digital berkembang pesat, muncul fokus baru tentang “The Feel” pada sebuah desain, yang sekarang dikenal dengan istilah User Experience (Pengalaman Pengguna). Jika UX adalah tentang pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan sebuah produk, maka UX Design adalah proses dimana seorang perancang mencoba menentukan apa pengalaman untuk pengguna tertentu, meskipun kita tidak dapat benar-benar merancang pengalaman pengguna yang pasti dan tepat, namun kita dapat merancang kondisi dari pengalaman yang pengguna inginkan.

Tanggung Jawab UX Designer. Ada beberapa fungsi umum UX Designer :

Penelitian Produk (Product Research)

Product Research secara umum mencakup riset pengguna dan pasar yang menjadi titik awal UX Designer dalam merancang sebuah produk. Ini juga menjadi dasar yang memungkinkan perancang menghindari asumsi dan membuat keputusan berdasarkan data dan informasi yang didapat dari pengguna. Product Research penting karena mengajarkan UX Designer tentang perilaku, sasaran, motivasi dan kebutuhan pengguna. Ini membantu mereka memahami dan mengidentifikasi peluang produk di pasar serta membantu memprioritaskan berbagai aspek produk seperti fitur dari produk. Dari sisi teknis, proses pengumpulan data didapat melalui:

1. Wawancana pribadi dengan pengguna

2. Competitive analysis

3. Online Surveys

4. Focus Groups

5. Data yang dikumpulkan dianalisis dan diubah menjadi informasi kuantitatif dan kualitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan.

6. Membuat Personas dan Skenario

7. Information Architecture (IA)

8. Membuat Wireframes

9. Prototyoping

10. UX Design is a Never Ending Process

UX Design adalah proses iterasi. Sebuah karya desainer UX tidak berhenti dengan rilisnya sebuah produk, UX Designer terus belajar dan terus menganalisa untuk pembaharuan dan peningkatan sebuah produk.

User Interface

User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya itu Desain Antarmuka Pengguna adalah Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

Bahasa gampangnya yaitu UI Design adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website. Kamu bisa mendapatkan inspirasi desain dari behance.com, dribbble.com atau webdesignserved.com.

Perbedaan UX dan UI

Banyak orang yang salah kaprah bahwa UI sama UX itu adalah suatu hal yang sama. Pada faktanya UX dan UI itu berbeda, namun satu sama lain saling berhubungan. Pada dasarnya, User Experience adalah tentang “memahami penggunamu”. Tujuan UX adalah mencari tahu siapa mereka, apa yang mereka capai dan apa cara terbaik bagi mereka untuk melakukan “sesuatu”. UX berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk terasa dan apakah itu memecahkan masalah bagi pengguna. Sedangkan User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan Branding.

sumber:

https://idcloudhost.com/apa-saja-yang-dilakukan-oleh-ux-designer/

https://medium.com/insightdesign/memulai-menjadi-ui-designer-bagian-1-33317e1d1b40

Read 199 times Last modified on %AM, %02 %437 %2019 %09:%Mei