%PM, %19 %778 %2019 %17:%Jun

Kenali Database dan 4 Website Interaktif

Written by Rizky Panjaitan
Rate this item
(1 Vote)

Basis data (database) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang kemudian disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. DBMS ini menjadi lapisan yang menghubungkan basis data dengan program aplikasi untuk memastikan bahwa basis data tetap terorganisasi secara konsisten dan dapat diakses dengan mudah.

Database ini biasanya disimpan di server untuk produksi, ujicoba, atau pengembangan. Kini database tidak hanya didominasi oleh database relasional, tapi ada juga database non relasional. Umumnya database relasional menggunakan SQL untuk berinteraksi dengan tabel dan data di database relasional. Sedangkan database non relasional umumnya tidak menggunakan SQL, database jenis ini menggunakan fungsi-fungsi atau sintaks tersendiri. Berikut beberapa website yang membantu untuk mempelajari database lebih SQL maupun NO SQL:

1. Try Redis

Redis merupakan data structure database yang dapat menyimpan data sederhana (string, integer, float) maupun data kompleks (dictionary, list, sets, hashes, bit array, HyperLogsLogs). Data key-value yang disimpan di Redis tidak hanya menyimpan string saja seperti key-value database lainnya.

2. Try Mongo DB

MongoDB adalah sebuah document database yang memberikan fitur high performance, high availability, dan automatic scaling. Di MongoDB Anda akan mengenal baris data sebagai document, tabel sebagai collections, atribut sebagai field dan berbagai istilah lainnya. Berbeda dengan database relasional, MongoDB dapat menyimpan koleksi di dalam sebuah field. Misal ada sebuah tabel yang menyimpan blog post, maka di MongoDB komentar dari blog post tersebut dapat disimpan menjadi sebuah array di dalam field komentar. Tidak seperti di database relasional yang akan menyimpan komentar tersebut ke dalam tabel komentar kemudian memberikan relasi one to many.

3. Neo4J Console

Graph Database seperti Neo4J memang masih unik keberadaanya baik di industri maupun akademis. Konsep relasional yang diajarkan di banyak kampus tidak dapat mengenalkan metode penyimpanan koleksi data seperti Neo4J ini. Graph Database di klaim memiliki ACID yang lebih akurat dibandingkan relasional. Untuk berinteraksi dengan Neo4J Anda akan menggunakan Cypher, sebuah sintaks mirip SQL tapi ditujukan untuk melakukan query data di dalam graph

4. Planet Cassandra

Cassandra sebuah key-value database yang dirilis oleh Apache Foundation. Anda akan mempelajari sintaks yang bernama Cassandra Query Language atau disingkat CQL. Cassandra sendiri memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin belajar Cassandra. Anda dapat bergabung untuk belajar Cassandra di Planet Cassandra. Disana Anda dapat memilih materi yang memiliki tingkat kesulitan beragam. Tutorialnya bersifat runtun dan langkah per langkah. Sintaks CQL pun diberi highlighting yang berbeda sehingga mudah dibaca. Anda pun dapat mencoba CQL yang sedang Anda pelajari di suatu materi di konsol interaktif yang disediakan. Terdapat pula video pengantar yang akan membuat Anda lebih paham tentang penggunaan Cassandra

Sumber Artikel

https://www.codepolitan.com/5-website-interaktif-untuk-belajar-database#

https://www.termasmedia.com/lainnya/software/69-pengertian-database.html

Read 207 times Last modified on %AM, %07 %206 %2019 %03:%Agu