%AM, %28 %530 %2019 %11:%Jun

Mengenal Lebih Apa Itu Algoritma dan Jenisnya

Written by Rizky Hidayat
Rate this item
(1 Vote)

Di era globalisasi ini pertumbuhan teknologi sangat pekat dan cepat, salah satu contohnya adalah dibidang pemrograman. Pemrograman saat ini sangat diminati dari kalangan mahasiswa maupun umum. Dalam pemrograman, kita perlu mengetahui dasar-dasar yang melandasi suatu pemrograman baik pemrograman Website, mobile, desktop, dll. Adapun dasar dari seluruh bahasa pemrograman seperti PHP, Python, Java, Java Scrip, C++ dan lainnya untuk dalam pembuatan program aplikasi yaitu kita harus mengetahui mengenai Algoritma.

Apa itu Algoritma ?

Pencetus pertama algoritma yaitu Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi yang mana di dalam buku yang beliau tulis yaitu “Aljabar wal Muqabala” (Buku pemugaran dan pengurangan), menjelaskan langkah-langkah dalam menyelesaikan berbagai persoalan aritmatika (aljabar). Oleh karena itu kata "Algoritma" diambil dari kata Al-Khawarizmi yang kemudian berubah menjadi algorism, selanjutnya menjadi algorithm karena kata algorism sering dikelirukan dengan dengan arithmetic, sehingga akhiran -sm berubah menjadi –th, dan dalam bahasa indonesia diserap menjadi kata Algoritma.

Apa itu algoritma & algoritma pemrograman?

Algoritma itu sebagai suatu susunan langkah-langkah yang harus kita kerjakan dalam mencapai suatu tujuan yang akan kita tuju. Adapun langkah-langkah yang kita lakukan harus sesuai dengan logika agar tidak terjadi kesalahan yang membuat gagalnya dalam mencapai tujuan itu sendiri.

Pengertian Algoritma Pemrograman. Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Berikut beberapa jenis-jenis dari Algoritma, diantaranya:

1. Algoritma Natural

Algoritma bahasa natural merupakan cara penyajian suatu algoritma yang paling sederhana dan paling mudah untuk dimengerti. Algoritma ditulis dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari (bahasa indonesia, inggris), atau bahasa apapun yang dipahami.

2. Algoritma Flowchart

Flowchart adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program. Ternyata langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah dalam algoritma selain dapat menggunakan bahasa natural, kamu juga bisa menggunakan flowchart, namun untuk menggunakan flowchart anda setidaknya harus memahami simbol-simbol yang digunakan oleh flowchart.

3. Algoritma Pseudocode

Pseudocode adalah deskripsi dari algoritma pemrograman komputer yang menggunakan konvensi struktural dari suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan agar dapat dibaca oleh manusia dan bukan oleh mesin. Tujuan menggunakan Pseudocode dalam mendeskripsikan suatu algoritma supaya programer dapat memahami suatu kerangka awal (ide) suatu program dengan jelas, meskipun programmer tersebut belum bisa memahami bahasa pemrograman yang akan digunakan

Contoh Penulisan Pseudocode: Untuk menampilkan variable berisi tulisan Test:

Start
a = “Test”

Print a

End

Sumber Artikel:
https://teknojurnal.com/pengertian-algoritma-pemrograman/

Read 314 times Last modified on %AM, %07 %159 %2019 %02:%Agu