%PM, %08 %829 %2019 %18:%Agu

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Metode Penelitian?

Written by Rizky Hidayat
Rate this item
(1 Vote)

Metodologi penelitian merupakan sebuah cara untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, dimana permasalahan tersebut disebut juga dengan permasalahan penelitian. Metode penelitian juga langkah yang dimiliki dan dilakukan oleh peneliti dalam rangka yang telah didapatkan tersebut. Metode penelitian memberikan gambaran rancangan penelitian yang meliputi antara lain: prosedur dan langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data dan langkah apa data tersebut diperoleh, selanjutnya akah diolah serta di analisis.

Dengan menggunakan metodologi penelitian, peneliti akan dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan sehingga dapat menemukan solusi dari permasalahan. Serta kesimpulan-kesimpulan tersebut dapat dipercaya. Berikut manfaat dari metodologi penelitian:

1. Menggunakan metodologi, peneliti dapat memudahkan pekerjaan agar sampai pada tahap pengambilan keputusan atau kesimpulan-kesimpulan.

2. Menggunakan metodologi, para peneliti dapat mengatasi berbagai keterbatasan yang ada, misalnya keterbatasan waktu, biaya, tenaga, etik dan lainnya.

3. Kesimpulan yang diambil oleh peneliti dapat dipercaya.

4. Kesimpulan yang diambil dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan.

Metode penelitian ada dua hal yang penting dalam metode penelitian, yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif.

Sumber Artikel:

https://www.statistikian.com/2016/11/metodologi-penelitian.html

Read 230 times Last modified on %AM, %09 %389 %2019 %08:%Agu