%PM, %08 %834 %2019 %19:%Agu

5 Desain UI yang Sedang Tren di Tahun 2019

Written by Rizky Hidayat
Rate this item
(1 Vote)

Memasuki diera digital saat ini para desainer web terus menghadapi tantangan yang semakin meningkat, seperti membuat tampilan web yang user friendly dan inovatif. Tampilan web desain saat ini sangat berpengaruh dalam hal psychologi dalam hal interaksi user. Berikut beberapa tren website terkemuka yang mungkin akan menjadi tren saat ini:

1. Typography

Desain sebuah website tidak hanya bertumpu pada penggunaan gambar ataupun pemilihan warna yang seimbang. Bagaimanapun juga, website adalah sebuah media untuk menyajikan informasi. Barisan kata-kata informatif dalam sebuah website perlu disajikan dalam tampilan yang atraktif. Bukan hanya dari segi diksi atau pemilihan kata, pemilihan tipografi juga perlu diperhatikan. Di sinilah pengetahuan akan tren UI dan UX mempengaruhi daya tarik dari konten teks yang disajikan. Lantas tipografi seperti apa yang tengah menjadi tren di tahun 2019 ini? Ada begitu banyak tipografi yang bisa Anda temukan di internet.

2. Animasi

Penggunaan gambar perspektif yang unik jelas akan menarik perhatian pengunjung. Namun saat sebuah website dilengkapi dengan animasi visual, daya tarik website tersebut akan meningkat pesat. Dibandingkan dengan gambar diam, manusia memang lebih menyukai gambar bergerak. Gambar seperti ini juga terlihat lebih hidup dan mampu menyampaikan banyak hal. Meski disebut animasi, tetapi yang dimaksud di sini tidak sama dengan animasi yang biasa ditampilkan di layar televisi ataupun situs streaming video. Animasi mikro atau animasi fungsional, itulah jenis animasi yang kerap digunakan dalam website dan masih akan menjadi tren saat ini.

3. Gradasi dan warna

Setiap warna memiliki karakter yang berbeda-beda. Misalnya saja seperti warna biru yang identik dengan kreatifitas dan profesionalitas dan warna merah yang identik dengan keberanian. Pemilihan warna dalam sebuah website juga bertumpu pada hal yang sama.

4. 3D

adalah satu tren yang sedang banyak sekali diterapkan ke desain UI di tahun ini adalah intergrasi grafik 3D ke platfrom handphone dan web. Menerapkan gambar 3D ke UI merupakan tantangan yang membutuhkan keterampilan khusus dan keahlian artistik untuk di kerjakan dengan baik. Namun, teknik tersebut jelas sangat menarik dan pengunjung tidak akan cepat bosan dengan tampilan yang semenarik mungkin. Render 3D sering terlihat fotorealistik yang merupakan keuntungan besar untuk desain antarmuka pengguna.

5. Visual Storytelling

Tren grafik khusus telah membuka perspektif yang lebih luas untuk story telling di sisi antarmuka. Semakin banyak situs web dan aplikasi seluler beralih ke karakter yang dirancang khusus untuk menunjukkan cerita, mengatur atmosfer, mengirim pesan atau menyajikan manfaat dengan cara yang sesuai dengan suasana hati, nada, dan suara platform. Karakter orisinal membantu membuat interaksi lebih seperti manusia, mengatur asosiasi visual yang kuat dengan dunia nyata dan secara instan mentransfer suasana hati yang dibutuhkan. Terlebih lagi, tergantung pada komposisi, karakter dapat menjadi alat yang efektif untuk membuat halaman atau layar dinamis dan hidup.

Sumber Artikel:

https://kreativv.com/game-teknologi/ui-ux-adalah/

Read 231 times Last modified on %AM, %09 %384 %2019 %08:%Agu