Print this page
%AM, %14 %095 %2016 %01:%Sep

Andara Tech STT NF Lolos ke Final GEMASTIK 2016

Written by Hendri Nurdiansyah
Rate this item
(1 Vote)

Tim Andara Tech STT NF berhasil menembus babak final atau masuk sepuluh besar dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2016 pada kategori Pengembangan Perangkat Lunak. Andara Tech membuat aplikasi “Yuclean”, sistem informasi berbasis web dan mobile untuk manajemen bank sampah dalam ajang GEMASTIK tahun ini.

Lolosnya Andara Tech mengikuti jejak tim BENANG STT NF yang berhasil melaju hingga ke babak final pada gelaran GEMASTIK 2015 yang diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Tahun ini GEMASTIK diselenggarakan di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia dengan mengusung tema "Enabling Smart Society Through ICT". Babak final akan digelar pada 22 September 2016. Para finalis diwajibkan hadir untuk mempresentasikan hasil karya mereka di hadapan juri untuk dinilai secara langsung.

“Andara Tech mampu bersaing dengan tim dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang telah berpengalaman. Itu membuktikan kualitas mahasiswa STT NF tidak kalah dengan perguruan tinggi lain di Indonesia. Sebagai kampus teknopreneur, STT NF akan terus mendorong mahasiswa untuk membuat karya yang berguna bagi masyarakat dan tentunya bisa mendatangkan keuntungan finansial, jika mahasiswa nanti menjadi seorang teknopreneur,” tutur Sirojul Munir, Wakil Ketua 1 STT NF.

Tim yang beranggotakan Muhammad Abdul Karim, Suranto dan Irfan Prasetyo itu juga memasukkan karya mereka pada kategori Bisnis TIK, namun hanya sampai di babak kedua. Mereka akan bersaing dengan para finalis dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang memiliki nama besar di Indonesia. Hal itu tidak menyurutkan langkah Andara Tech untuk maju dan membuktikan diri, bahwa mahasiswa STT NF dapat berprestasi di bidang TIK.

Irfan Prasetyo menceritakan, pada awalnya mereka pesimis untuk melaju ke final, melihat kompetitor dari perguruan tinggi lain memliki karya yang sangat bagus. Irfan mengungkapkan, saat ini mereka sedang fokus untuk menyelesaikan aplikasi mobile Yuclean yang akan dipresentasikan di hadapan juri. “Persiapan kami saat ini sudah mencapai 80 persen. Insya Allah, kami bisa menyelesaikan aplikasi ini sesuai tenggat waktu yang diberikan.” ujar Irfan.

Suranto juga menambahkan, betapa diperlukan kerja keras dan kerjasama tim yang solid untuk menghadapi final GEMASTIK. “Karena jarak antara pengumuman finalis dan babak final sangat mepet, sehingga segala persiapan yang dirasa masih kurang harus dikejar dalam waktu relatif singkat. Itu membutuhkan tenaga ekstra,” jelas Suranto penuh semangat. (Hendri Nurdiansyah)

Read 8637 times

Related items