%AM, %02 %169 %2018 %03:%Apr

Kuliah sambil Ngafal ? Siapa Takut !!

Written by cica nur latifah
Rate this item
(0 votes)

Menghafal Al-Quran ditengah-tengah kesibukan kuliah merupakan tantangan yang berat bagi sebagian orang, namun berbeda dengan mahasiswi STT NF jurusan sistem informasi yang baru menginjak semester 2 ini. Sebut saja Deva, deva adalah seorang mahasantri (mahasiswa + santri) yang agenda kegiatan nya begitu padat. Di sela-sela kesibukan nya kuliah, ia tak lupa untuk selalu berinteraksi dengan ayat-ayat cinta yaitu Al-Quran. Deva ini tinggal di asrama Quran Laskar UI semenjak 1,5 tahun lalu. Sebelum memutuskan untuk kuliah di stt nf, ia bertekad untuk mewujudkan mimpi nya yaitu sebagai keluarga nya Allah Subhanahu Wata’ala di akherat kelak dan memberikan mahkota kebanggaan untuk kedua orang tua nya nanti.

Deva ini berasal dari daerah Subang dan memiliki 3 saudara dan ternyata Deva memiliki kembaran. Nama nya gak jauh beda sama Deva yaitu Devi Dirgantini yang tinggal diasrama yang sama. Namun beda kampus. Mereka adalah kakak beradik yang sama-sama lagi menghafal Al-Quran juga.

Deva selalu memanfaatkan waktu nya dengan sebaik mungkin. Saat jam kuliah, ia akan fokus untuk kuliah dan ketika ada jam istirahat, ia akan menggunakan waktu istirahat nya untuk menghafal. Begitu pun sebalik nya, jika diasrama ia akan fokus menghafal.

Nah, lalu bagaimana untuk mengerjakan tugas tugas kuliah ?

Untuk tugas tugas kuliah ia biasa mengerjakan nya selesai kegiatan diasrama sekitar jam 10 malam. Dan ia mengerjakan tugas tugas kuliah nya hingga larut malam.

Kenapa sih Deva gak fokus dulu ke hafalan Qur’an nya ?

Deva mengatakan ” bahwa mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim hingga akhir hayat nya, Nah ! Dengan ilmu pengetahuan yang didapatkan dibangku kuliah menjadikan kita memahami betul isi kandungan Al-Quran. Seperti pembuktian tanda-tanda kebesaran-Nya.

Deva selalu ingat pesan Al-Quran yang terdapat pada surah Tha-ha ayat 20 yang bunyi nya :

“Wahai Muhammad, al-Qur’an ini kami turunkan kepadamu bukanlah untuk menjadikan kamu sengsara karena tidak sanggup melaksanakannya “

So jangan jadikan Al-Qur’an sebagai beban dalam segala aktifitas yang kita lakukan.

Read 4408 times