%AM, %14 %459 %2019 %10:%Feb

Studi Ekskursi 2019, 90 Mahasiswa STT Terpadu Nurul Fikri Kunjungi P2I LIPI

Written by STTNF
Rate this item
(0 votes)

Rabu (13/2), Studi ekskursi adalah program tahunan yang diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada perusahaan yang bergerak di bidang IT maupun perusahaan yang menggunakan teknologi IT. Pada kesempatan kali ini, mahasiswa jurusan Informatika dan Sistem Informasi STT Terpadu Nurul Fikri, berkunjung ke Pusat Penelitian Informatika (P2I) LIPI, Cibinong-Bogor. Turut serta dalam kunjungan tahun ini dari Ketua STT Terpadu Nurul Fikri yaitu Dr. Lukman Rosyidi, S.T., M.M., M.T., Dosen STT-NF, Karyawan STT-NF, dan seluruh mahasiswa-mahasiswi angkatan 2015 dan 2016 STT-NF.

Dengan dipandu oleh Ketua Laboratorium High Performance Computing (HPC) yaitu Bapak Zaenal. HPC P2I LIPI memiliki layanan teknologi yang terbaru seperti Rendering Farm, Big Data Analytics and Machine Learning, dan Computational Sciences. Beliau menjelaskan mengenai Computer Cluster dari sisi penggunaan dan kebutuhannya. Selain itu, HPC Service menyediakan layanan gratis untuk penggunanya. Target pengguna diantaranya adalah Peneliti, Akademisi, dan Industri. Layanan ini bisa dilihat diwebsitenya http://grid.lipi.go.id/.

Setelah penjelasan dari Bapak Zaenal, semua mahasiswa-mahasiswi digiring ke ruang Laboraturium Komputasi Berkinerja Tinggi P2I LIPI untuk melihat super komputer dan server. LIPI juga menyediakan E-layanan Sains Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia untuk bahan pelatihan kerja praktik dan tugas akhir. Selain Bapak Zaenal ada Bu Hani, calon peneliti LIPI menjelaskan mengenai rolling data dan riset.

Antusias dari mahasiswa-mahasiswi STT-NF sangat baik terbangun dan terbukti keingintahuan tentang teknologi IT di LIPI, mereka aktif menanyakan hal-hal tersebut. “Harapan kedepannya dari STT Terpadu Nurul Fikri tidak hanya mengadakan kunjungan studi ekskursi saja, tetapi terjalin kerjasama untuk program magang dan tugas akhir juga. Dan ada pertemuan selanjutnya dalam bentuk kerjasama riset ataupun penelitian masyarakat dari STT-NF”, ungkap Bapak Zaenal.

Read 11599 times