%PM, %08 %862 %2019 %19:%Agu

Go-Bell, Pameran Hasil Penelitian Dosen STT Nurul Fikri di Ristekdikti

Written by Vindi Pop
Rate this item
(1 Vote)

Pada tanggal 24-25 Juli 2019 Ristekdikti menyelenggarakan Pameran Pengembangan Teknologi Industri 2019 (Industrial Technology Development/ITD) di Jakarta. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Universitas Pelita Harapan (UPH) menyelenggarakan Industrial Technology Development (ITD) Expo Tahun 2019. ITD Expo merupakan pameran yang bertujuan untuk memperkenalkan 59 purwarupa skala lab dan purwarupa industri lain yang didanai Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (INSINAS) dan Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI).

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati saat konferensi pers penyelenggaraan ITD Expo Tahun 2019 di Mall Lippo Puri, Jakarta Barat, Rabu (24/7) sore. “Semoga pameran ITD Expo ini dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan masyarakat terhadap kebijakan dan program pemerintah dalam mendukung kegiatan penelitian, dapat memberikan informasi teknologi hasil penelitian yang memiliki potensi manfaat dan ekonomi bagi masyarakat, serta meningkatkan budaya riset yang baik dan terkoordinasi, sehingga dapat menciptakan inovasi–inovasi yang dapat diimplementasikan dan dipasarkan di dunia industri nasional maupun internasional.” Ujar Dimyati.

Pada acara tersebut, ada sebanyak 59 purwarupa hasil penelitian dan pengembangan termasuk "Go-Bell" Teknologi Call Forwarding pada Bel Rumah hasil dari penelitian Dosen STT Nurul Fikri yaitu Bapak Hilmi Tawakal, ST., M.Kom. Go-Bell yaitu teknologi yang memiliki fungsi untuk auto forward call ke handphone ketika ada tamu yang menekan bel rumah. Ide Go-Bell ini didatangkan langsung oleh STT Nurul Fikri dengan bantuan kerjasama dalam pengembangan ke PT Tenkei Canggih Cendekia (PT.TCC)

Harapannya, semoga Go-Bell ini menjadi produk teknologi dan inovasi yang dibutuhkan masyarakat atau industri dan kemudian siap dikomersialisasikan

Sumber : https://risbang.ristekdikti.go.id

Read 316 times Last modified on %AM, %09 %333 %2019 %07:%Agu