PANJI

PANJI

Pada tanggal 14 September 2019 di Auditorium Kampus B2 STT Nurul Fikri telah berlangsung pembekalan Pra Wisuda Angkatan ke-3 STT Terpadu Nurul Fikri. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua STT Terpadu Nurul Fikri Dr. Lukman Rosyidi, M.M., M.T. Beliau memberikan pesan kepada calon wisudawan untuk memberikan hal yang terbaik untuk orang yang terkasih terutama orang tua saat wisuda berlangsung, jangan lupakan teman sekampus, dan terus menjaga nama baik almamater.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi yaitu Ibu Amalia Rahmah, MT. Beliau memberi pesan calon wisudawan untuk menghadapi sesuatu masalah dengan solusi dan jangan banyak mengeluh. Dari perwakilan mahasiswa juga ada persembahan kata-kata terima kasih untuk STT Terpadu Nurul Fikri termasuk seluruh organisasinya, untuk para dosen dan temen-teman calon wisudawan yang disampaikan oleh Aufa Bilah Putra Jazama (TI 2015).

Setelah diberikan pembekalan, para calon wisudawan melakukan gladi pertama dari acara pertama hingga akhir dan sudah berjalan dengan baik. H-1 sebelum acara wisuda akan diadakan kembali gladi bersih langsung di Hotel Bumi Wiyata, Gedung Dwidjosewojo.

Pada pertengahan Bulan Maret 2019 kemarin, STT Terpadu Nurul Fikri melaksanakan Re-Akreditasi Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) tepatnya pada tanggal 18 Maret 2019 di Auditorium Kampus B2 STT-NF. Tujuan Re-Akreditasi SI ini untuk meningkat penilaian perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

Proses Re-Akreditasi Prodi SI STT Terpadu Nurul Fikri membuahkan hasil. Dimulai dari pendaftaran Re-Akreditasi di BAN-PT pada akhir Bulan Oktober 2019, selanjutnya mendapatkan jadwal kunjungan dari tim Asesor Lapangan BAN-PT yang terdiri dari dua orang yaitu Paulus Insap Santosa, Ph.D. dan Dr. Amil Ahmad Ilham, S.T., M.IT. disambut oleh Ketua STT Terpadu Nurul Fikri Dr. Lukman Rosyidi, S.T., M.M., M.T. dan seluruh Civitas Akademika STT Terpadu Nurul Fikri.

Asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan borang Re-Akreditasi Prodi SI untuk melakukan verifikasi terhadap data yang terdapat di borang yang telah dikirimkan oleh Prodi SI ke BAN-PT. Selain itu tim asesor juga melakukan wawancara terhadap pengelola Prodi, Dosen, Alumni, dan Stakeholders Prodi S1 Sistem Informasi. Lalu tim asesor melakukan survei terhadap fasilitas dan sarana prasarana pendukung proses belajar mengajar di STT Terpadu Nurul Fikri.

Setelah melalui tahapan asesmen lapangan tersebut, STT Terpadu Nurul Fikri meraih predikat Akreditasi “B” (Baik Sekali) pada Program Studi S1 Sistem Informasi berdasarkan SK Nomor 919/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) adalah wadah bagi para pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk saling berinteraksi, melakukan pembelajaran dan sinergi bagi para anggotanya untuk kemajuan pengelolaan Human Capital di Indonesia. Salah satu program unggulan dari FHCI adalah Program Magang Mahasiswa Bersertifikat.

Tujuan dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat ini adalah untuk menghadirkan sinergi melalui BUMN yang hadir untuk Negeri, kandidat rekrutment, dan menciptakan SDM yang berjiwa Entrepreneur. Program ini dibagi 2 jenis pelaksanaan yaitu Magang Bersertifikat Kompetensi dan Industri. Lalu, program ini dibagi menjadi 3 tahapan pelaksanaan yang melibatkan BUMN, STT Nurul Fikri dan FHCI yaitu Pra Pelaksanaan, Pelaksana, dan Sertifikasi.

Semester lalu, Angkatan 2015 Mahasiswa STT Nurul Fikri telah menjalani Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dengan baik. Semester ini telah dibuka kembali Program Magang Mahasiswa Bersertifikat Batch 2 untuk Angkatan 2016 Mahasiswa STT Nurul Fikri. Untuk deadline pendaftaran terakhir tanggal 10 Mei 2019. Hasilnya akan keluar di akhir Bulan Mei 2019. Untuk penempatan dan mulai magangnya belum dapat dipastikan.

6 Mahasiswa STT Nurul Fikri yang telah mengumpulkan berkas-berkas persyaratan dan telah tersubmit pada program ini. Jumlah perusahaan BUMN yang mengikuti program ini terdaftar kurang lebih 144 dan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang mengikuti sekitar kurang lebih 147. 

Program ini merupakan bukti komitmen STT Nurul Fikri memfasilitasi Mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dengan BUMN.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan yang sangat kental dengan kebaikan untuk sesama. Selasa, 5 Juni 2018 telah diadakan acara santunan di Wisma Tuna Ganda Palsigunung Cimanggis, Depok. Acara yang singkat namun penuh makna terdapat perjuangan yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Perjuangan para panitia dari dua komunitas ikutpatungan dan seirama yang bekerja sama untuk mengadakan salah satu kegiatan sosial untuk membantu sesama. Acara ini dinamakan projek 2 karena sebelumnya telah terlaksana projek 1 yang dilaksanakan di MTS al hidayah wanti 2 Banten.

Wisma Tuna Ganda Palsigunung merupakan panti sosial bagi mereka yang berkebutuhan khusus atau difabel. Berjumlah 30 orang dengan berbagai jenis penyakit difabel yang dialami. Salah satunya Celebral Palcy (CP) atau penyakit yang membuat penderita lemah atau lumpuh otak sehingga membuat penderita sulit bergerak, penyakit tersebut tidaklah menular. CP diderita oleh 65% dari 30 anak-anak yang berada di Wisma Tuna Ganda Palsigunung. Anak-anak yang mengidap CP hanya berada ditempat tidur dan hanya mengandalkan para pengurus untuk membantu kebutuhan mereka sehari-hari.

Persiapan yang dilakukan untuk acara santunan ini sangatlah singkat namun penuh perjuangan. Hanya dalam waktu dua minggu panitia melakukan usaha semaksimal mungkin untuk mengumpulkan dana. Komunitas yang beranggotakan dari berbagai kalangan peruguruan tinggi, salah satunya yaitu dari mahasiswa STT NF yang ikut berpartisipasi dalam acara dan sekaligus menjadi panitia.

Ibu Kristanti selaku ketua pengurus panti memberikan sambutan dan apresiasi yang mendalam kepada seluruh panitia. Pasalnya sangat jarang anak muda yang mempedulikan saudara-saudaranya terutama yang memiliki kebutuhan khusus atau difabel. Acara yang di ketuai oleh Khansa Balqis atau akrab disapa caca ini dilaksakan pada pukul 17:00 - 19:00 WIB. Sebelumn melakukan acara buka puasa bersama, panitia diizinkan untuk melihat anak-anak yatim difabel yang berada di kamar panti.

Fasyikahtun Maidah yang akrab disapa Ika adalah salah satu mahasiswa STT-NF yang turut andil menjadi panitia dan berkesempatan menjadi pembawa acara bersama Retno. “Bersyukur dapat memberikan manfaat dan mengikuti acara seperti ini, menjadikan diri tersadar bahwa apa yang kita miliki begitulah indah dan patut disyukuri dan diperjuangkan”, ujar MC kelahiran Jakarta. Acara diakhiri dengan doa dan foto bersama sebelum seluruh panitia pamit untuk meninggalkan panti.

%AM, %07 %319 %2018 %06:%Jun

Beasiswa STT NF 2018 - 2019

Beasiswa Kuliah S1 STT Terpadu Nurul Fikri

Bingung Mau Kuliah, Ingin Jago IT

Nurul Fikri merupakan Kampus IT yang berfokus pada pengembangan SDM berbasis karya IT. Tahun ini, STT Terpadu Nurul Fikri membuka Beasiswa yang akan diberikan kepada Mahasiswa baru 2018/2019. STT Terpadu Nurul Fikri memiliki 2 program studi yakni Sistem Informasi dan Tehnik Informatika.

STT Nurul Fikri membuka 3 jalur program beasiswa, diantarnanya yakni Beasiswa Hafidz Qur'an, Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Duafa.

Daftar segera! Pendaftaran di buka dari sekarang sampai 20 Juli 2018. Info pendaftaran silahkan mengisi Form di bawah ini.

bit.ly/BeasiswaSTTNF atau kontak langsung Hotline kami di (085716243174)

Salam sukses dan teruslah berkarya.

Uber Health merupakan fitur baru dari perusahaan rintisan penyedia transportasi asal California, Uber, yang akan menjawab permasalahan dalam transportasi menuju rumah sakit.

Dilansir dari Tech News World, Selasa (7/3/2018), Uber berharap layanan barunya ini dapat membantu lansia dan mereka yang kesulitan dalam mencari transportasi untuk pergi ke dokter.

Layanan ini memungkinkan profesional di bidang kesehatan, untuk memesankan tumpangan bagi pasiennya. Terdapat lebih dari 100 organisasi perawatan kesehatan AS termasuk rumah sakit, klinik, pusat rehabilitasi telah menggunakan layanan baru tersebut sebagai bagian dari program percobaan.

Dengan Uber Health, profesional kesehatan dapat menjadwalkan langsung tumpangan atau dalam 30 hari sebelumnya. Dari sisi pasien, mereka tak memerlukan ponsel pintar atau aplikasi untuk merasakan layanan ini. Karena pasien akan dihubungi melalui SMS atau telepon langsung.

"Layanan ini (Uber Health) tidak dimaksudkan sebagai sebuah pelayanan darurat. Layanan ini cepat, dapat diandalkan, tapi jelas ini bukan ambulans. Untuk orang-orang yang butuh dibawa ke rumah sakit dengan EMT (Emergency Medical Technician) kami selalu mendorong mereka agar menghubungi 911," ujar Chris Weber, Uber Health General Manager.

Melalui blognya, Uber menyatakan bahwa layanan ini akan memudahkan organisasi dalam memonitor pengeluaran untuk transportasi. Dimana sistem akan melaporkan perjalanan yang diminta, dimana pengguna dapat melihat laporan tagihan bulanan, serta janji temu. Disisi lain, laporan penjadwalannya juga dibuat secara sederhana.

Uber Health sebenarnya telah diuji sejak 2017, yang mana baru diluncurkan di Amerika Serikat. Sementara itu, di Indonesia sendiri belum ada informasi mengenai kehadiran layanan tersebut.

Selain berinovasi untuk pasien, Uber juga dikabarkan akan meningkatkan layanan terhadap supir agar mereka mendapat istirahat yang cukup.

Hal tersebut disampaikan oleh Uber melalui situsnya. Dalam pernyataannya, Uber menjelaskan akan ada fitur baru di aplikasi yang mengharuskan sopir memasuki modus offline selama 6 jam penuh setelah berkendara selama 12 jam.

Fitur tersebut akan aktif secara otomatis, sehingga pengemudi akan langsung offline selama 6 jam. Setelah waktu istirahat selesai, pengemudi baru bisa menerima permintaan order kembali.

Keputusan Uber dalam membesut fitur baru ini, didasarkan atas penelitian National Sleep Foundation yang mengungkap bahwa hampir sejumlah tujuh juta orang tertidur saat menyetir.

%AM, %29 %307 %2017 %06:%Sep

STT NF Juara di CompFest 9!

Compfest merupakan acara TI tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia. Compfest hadir dengan berbagai lomba berskala nasional yang berkolaborasi dengan perusahaan TI besar di Indonesia. Selain dihadiri oleh ribuan pengunjung, puluhan perusahaan rintisan dan komunitas TI juga turut meramaikan acara puncak Compfest. Setiap rangkaian acara yang disajikan dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat umum. Compfest pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009.

Ajang TI ini telah berlangsung ke-sembilan pada tahun ini, dan selalu menarik perhatian. Final Session App Inovation Challenge Comfest 9 berlangsung dua hari, yaitu pada hari Sabtu (18/9) dan hari Minggu (19/9) di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Pada hari pertama, diisi dengan sesi keynotespeech oleh para mentor AIC yang menyampaikan tema dari berbagai bidang. Tema yang disampaikan seputar Cloud Technology App Scabality, Digital Marketing, dan UI/UX.
Pada hari kedua, yang merupakan hari Final AIC. Setiap peserta menjelaskan tentang ide dan aplikasi yang telah dibuatnya secara jelas dan padat. Setelah semua peserta mempresentasikan idenya, lalu dilanjutkan dengan pemberian plakat dan foto bersama antara peserta dan juri. Malamnya dilanjutkan dengan sesi Awarding Night, yang diadakan di Grand Ballroom Margo Hotel.

Pemenang juara pertama AIC jatuh kepada tim Andara Tech, membawakan aplikasi yang bernama Trashpedia. Tim Andara Tech yang terdiri dari Irfan Prasetyo, Azmi Faiz Habibi dan Iqbal Ajie Wahyudin, mereka mendapatkan total hadiah Rp. 9.000.000,- . Dilanjut dengan First Runner Up jatuh kepada Miracle dan Second Runner Up jatuh kepada BCC-ADL.

Dengan berakhirnya rangakaian acara Awarding Night, maka berakhir pula rangkaian acara dari App Inonovation Challenge Comfest 9. Selamat!

Ping berfungsi untuk menguji konektivitas pada sebuah perangkat. Ping adalah sebuah tool yang memungkinkan Anda untuk mencoba apakah perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan internet, sebuah komputer atau dengan perangkat jaringan lainnya.

Perintah ini akan mengirim sebuah paket data berukuran kecil ke sebuah alamat IP atau sebuah URL yang spesifik, kemudian jika paket data tersebut diterima, kemudian paket data tersebut akan dikirim kembali ke perangkat semula untuk menandakan bahwa perangkat tersebut terhubung dengan internet atau perangkat lainnya.

Ping juga memungkinkan Anda untuk melakukan uji coba kecepatan dari koneksi internet yang Anda gunakan dengan melakukan ping ke sebuah server spesifik. Anda akan mengetahui berapa kecepatan dari koneksi internet Anda dari seberapa lama paket tersebut akan terkirim dan diterima kembali. Semakin lama paket tersebut terkirim dan diterima kembali, semakin lambat koneksi internet yang Anda gunakan.

Secara default hasil yang dikeluarkan dari perintah ping ini adalah baris-baris teks yang memuat informasi dari hasil proses ping tersebut. Jika Anda merasa bosan dengan hasil keluaran tersebut, Anda bisa menggunakan sebuah tool yang mengeluarkan data hasil proses ping dalam bentuk grafis bernama Gping.

Gping sebuah tool open source yang bisa mencetak hasil keluaran dari perintah ping dalam format grafis di Terminal Linux. Gping bekerja sama seperti ping pada umumnya yang bisa Anda gunakan untuk melakukan ping ke sebuah alamat IP atau URL, namun data hasil dari proses ping tersebut divisualisasikan dalam bentuk grafis, sehingga membuat Anda lebih mudah melihat hasil dari proses ping.

Cara Install Gping di Linux Menggunakan Snap

Gping tersedia dan bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux. Pada Linux Anda bisa menginstallnya dari Snap package yang sudah tersedia Snap.

Buka Terminal pada Linux Anda dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi.

Kemudian masukkan perintah berikut pada Terminal untuk mengunduh dan memasang Gping pada perangkat Anda dengan menggunakan Snap :

sudo snap install gping && sudo snap connect gping:network-observe

Tunggu unduhan dan pemasangan Gping hingga selesai dan pastikan berhasil tanpa ada masalah. Jika proses pemasangan selesai, Anda dapat menggunakan Gping untuk menguji konektivitas dengan memasukkan perintah berikut pada Terminal :

gping

Jika Anda hanya memasukkan perintah Gping seperti diatas tanpa memasukkan tujuan proses ping secara spesifik, secara default Gping akan melakukan ping ke alamat Google.

Untuk melakukan ping ke alamat yang spesfik, Anda bisa melakukannya dengan menambahkan alamat IP atau URL yang lebih spesifik seperti berikut :

gping www.nurulfikri.ac.id

Selain menggunakan smartphone, Anda juga sering menggunakan komputer atau laptop dalam keseharian Anda, baik untuk bekerja, kuliah, ataupun sekadar hiburan. Komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet nyatanya bisa mengancam data dan privasi Anda loh. Maraknya pemberitaan mengenai peretasan yang terjadi di Indonesia tentu membuat Anda khawatir akan keamanan komputer Anda. Dapat dilakukan dalam keseharian Anda.

7 Langkah Super Mudah Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer

1. Gunakan Selalu Incognito Mode Saat Berada di Luar

Saat Anda berpergian, terkadang Anda memerlukan komputer untuk mengakses email, media sosial, dan sebagainya. Anda pun bisa mengaksesnya melalui jaringan internet yang tersedia, misalnya di warung internet, perpustakaan, atau hotel.

Fitur incognito mode sangat berguna apabila Anda mengakses data penting saat berselancar internet terutama di tempat publik. Saat masuk dalam mode ini, Anda tidak perlu khawatir data Anda tersimpan, bahkan saat lupa menekan tombol logout sekalipun.

2. Jangan Pernah Lupakan Antivirus

Saat membeli komputer baru, banyak orang khawatir akan fitur keamanannya sehingga menginstall beberapa aplikasi sekaligus, seperti antivirus, antispyware, dan internet security. Tentu hal ini akan membebani kinerja komputer yang berimbas pada performa yang lelet.

Anda sebenarnya tidak perlu khawatir, karena sistem operasi seperti Windows 10 sudah menyediakan antivirus bawaan. Jika terasa masih kurang, Anda cukup menginstal sebuah antivirus lagi, seperti Avast, AVG, Panda, Kaspersky, dan sebagainya.

3. Selalu Update Sistem Operasi dan Aplikasi

Kebanyakan orang meninggalkan proses update baik itu pada sistem operasi maupun aplikasi yang digunakan pada komputernya. Berbagai alasan dikatakan mulai dari lamanya proses update, kinerja komputer yang bakal menurun, dan sebagainya.

Buat Anda yang tidak terhalang dengan kuota internet melakukan proses update dapat meningkatkan fitur keamanan juga loh. Selain fitur keamanan proses update terutama sistem operasi malah akan meningkatkan performa komputer.

4. Ganti Password Secara Berkala

Sadar tidak, sudah berapa lama sejak terakhir kali Anda mengganti password akun email? Mengganti password secara berkala setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali sangat dianjurkan dibanding menggunakan password dengan berbagai kombinasinya.

Untuk mempermudahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi kalender untuk memberitahu saatnya mengganti password. Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi password manager untuk mengelola password pada berbagai akun yang digunakan.

5. Backup Data dan Dokumen Penting

Jika Anda sering berkerja secara offline, tentu Anda bakal menyimpan data dan dokumen Anda pada drive penyimpanan yang tersedia. Untuk mencegah kehilangan data yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, Anda dapat melakukan proses backup.

Anda bisa backup data dan dokumen Anda secara online pada layanan penyimpanan cloud seperti OneDrive atau Dropbox. Sementara itu, buat Anda yang jarang tersambung ke jaringan internet, backup data Anda pada flashdisk atau hardisk eksternal bisa jadi solusinya.

6. Jangan Sembarangan Melakukan Pembayaran Online

Di zaman yang serba praktis ini, berbelanja secara online bisa menjadi pilihan tepat. Selain menghemat waktu dan tenaga, melakukan belanja online terkadang punya harga yang lebih murah. Namun, Anda pun harus berhati-hati dan jangan sembarangan melakukan pembayaran secara online.

Gunakan platform belanja online atau e-commerce terpercaya dalam melakukan sistem pembayaran, terutama yang menggunakan sistem rekening bersama (rekber). Untuk mencegah penipuan, hindari memberikan data pribadi dan nomor rekening pada saat berbelanja secara pribadi.

7. Abaikan Pesan Spam Pada Media Sosial

Sering kali Anda menerima pesan berantai yang berisikan promosi atau iklan yang menarik di berbagai sosial media. Bukannya menguntungkan, pesan spam malah berbahaya loh bagi data dan privasi Anda. Jangan sesekali membuka link yang disertakan secara sembarangan.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memverifikasi link yang dibagikan apakah sudah benar atau belum. Gunakan Google untuk mengecek situs resmi dari pesan yang diterima. Selanjutnya hapus dan jangan lagi membagikan pesan spam tersebut.

Nah, itulah 7 langkah super mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan komputer. Hal-hal yang bisa Anda lakukan sehari-hari ini, tentu akan menjaga data dan privasi Anda juga. Semoga Bermanfaat.

Indonesia dianggap sudah siap menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, sehingga orang-orang dengan kemampuan IT dan interpersonal yang kuat akan sangat diminati. Hal ini diungkapkan oleh Akademisi Senior Alan Sixsmith dari University of Technology Sydney (UTS).

Berdasarkan laporan terbaru oleh McKinsey, diperkirakan penggunaan teknologi digital baru bisa menambah lebih dari USD150 miliar (sekitar Rp 2,001 triliun, atau 10 persen dari PDB) untuk ekonomi tahunan Indonesia dalam 10 tahun kedepan. Hal ini terwujud melalui sektor publik dan pemerintah serta warga negara yang tertarik dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Menurut laporan tersebut, Indonesia memiliki akses internet yang terjangkau dibandingkan dengan negara lainnya di dunia (termasuk India), meskipun kualitas internet (kecepatan dan bandwidth) masih rendah.

Dengan penetrasi internet yang terpusat di daerah berpenduduk padat seperti Jakarta dan Yogyakarta, infrastruktur masih berkembang dengan ketersediaan 4G yang terbatas hanya 23 persen jangkauannya.

"Infrastruktur IT yang kuat dan teknologi digital bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas, menghubungkan lebih banyak orang ke dalam ekonomi Indonesia, dan mendorong inovasi serta membuka akses ke pasar baru," kata Alan dalam keterangan resminya.

Perluasan infrastruktur melalui menara 4G / LTE di luar Jawa diperlukan untuk memungkinkan inisiatif kota cerdas yang dilakukan di seluruh Indonesia dan dalam industri seperti e-commerce. Seiring dengan adanya desakan untuk transformasi digital dalam perusahaan yang meningkat, kebutuhan untuk profesional IT yang terampil akan berkembang dengan pesat.

"Dengan permintaan global untuk spesialis IT yang meningkat, mereka yang memiliki keterampilan mendalam dalam mengembangkan dan mengelola IT akan tetap berada di barisan depan."

"Mendapatkan modal manusia yang tepat untuk mewujudkan peluang di masa depan akan menjadi tantangan, karena banyak perusahaan dan start-up di Indonesia memerlukan keterampilan IT yang kuat, namun para karyawan ini harus siap dengan 'soft skill' dan keterampilan sosial yang kuat untuk membangun tim yang efektif," katanya.

Halaman 1 dari 20